BULP – Aplikasi yang membuat suara kita terdengar

Beberapa bulan yang lalu, saya diundang untuk menghadiri sebuah acara yang berisi perkenalan dengan sebuah aplikasi baru bernama BULP. Aplikasi yang pertama muncul di platform Android ini merupakan sebuah aplikasi yang saya tunggu-tunggu sejak lama! Sebab, BULP memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memberikan umpan balik bagi berbagai institusi, terutama perusahaan swasta, mengenai layanan maupun produk yang mereka berikan. Selama ini, menurut saya, susah sekali untuk memberikan feedback ke perusahaan swasta. Terkadang, kita harus ‘ngubek’ internet untuk mencaritahu apa akun media sosial perusahaan tersebut, maupun nomor telepon call centernya. Ternyata, melalui aplikasi BULP ini, semua bisa dilakukan melalui aplikasi yang sama dengan ratusan merchants (perusahaan) yang terdaftar di sana.

Di aplikasi BULP, kita bisa memberikan feedback untuk perusahaan-perusahaan yang terdaftar di dalam databasenya. Feedback yang diberikan pun bisa bermacam-macam, mulai dari saran, keluhan, sampai pujian — apapun yang bisa membuat perusahaan-perusahaan swasta ini meningkatkan pelayanannya. Untuk setiap feedback yang masuk melalui aplikasi BULP, BULP akan meneruskannya ke perusahaan yang bersangkutan. Ketika perusahaan merespons masukan/keluhan dari kita, respons dari perusahaan tersebut akan langsung masuk ke inbox kita di BULP. Selain itu, ada fitur-fitur lain bagipenggunanya, mulai dari membagi aspirasi/umpan balik melalui fitur “share”, mendukung feedback orang lain dengan fitur “me too!”, mendapatkan rewards berupa pulsa, voucher, dan lain-lain untuk setiap feedback yang kita berikan, dan masih banyak lagi.

Saya juga sudah pernah merasakan langsung manfaat dari menggunakan aplikasi ini. Beberapa minggu yang lalu, terjadi duplicate booking dalam pemesanan tiket untuk perjalanan saya ke Bali. Saya beberapa kali mencoba untuk menghubungi maskapai penerbangan yang bersangkutan melalui kanal resmi mereka seperti call center dan email, tapi belum ada jawaban. Ketika saya akhirnya memberikan umpan balik melalui BULP, ternyata perusahaan tersebut langsung memberikan tanggapan. Yang lebih berguna lagi bagi saya adalah saya bisa keep track dengan balas-balasan pesan saya dengan perusahaan tersebut, dalam hal ini si maskapai penerbangan. Jadi, jika ada informasi baru, saya bisa mengecek sejarahnya, apakah informasi tersebut sesuai dengan informasi yang pernah diberikan sebelumnya.

DSC_8949 DSC_9010
Ternyata bukan hanya saya yang sepertinya membutuhkan aplikasi seperti ini, tapi juga banyak konsumen lain di luar sana. Arie Nasution, CEO BULP memaparkan, bahwa menurut riset dari Avaya Indonesia & Gudpoin tahun ini, meskipun 5 dari 6 orang Indonesia merasa tidak puas dengan pelayanan perusahaan,  96% dari pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan perusahaan enggan untuk menyampaikan keluhannya. Ini bisa saja terjadi karena kurangnya kanal bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi — suatu hal yang bisa dijembatani dengan hadirnya aplikasi BULP ini.

Di sisi lain, perusahaan-perusahaan swasta pun bisa bekerjasama dengan BULP untuk menerima feedback dari masyarakat konsumen. Sebagai partner yang terdaftar di BULP, perusahaan ini bisa memiliki sebuah “dashboard”, di mana mereka bisa membaca dan merespons feedback dari konsumen, melihat trend analytics serta data demografi konsumen yang memberi feedback. Dengan begitu, perusahaan yang tergabung sebagai partner BULP pun bisa memberikan pelayanan dan produk yang lebih baik untuk konsumen, berdasarkan feedback dari konsumen.

Untuk memastikan perusahaan-perusahaan swasta bisa meningkatkan layanannya, BULP juga mengajak masyarakat untuk mengikuti kampanye #YourVoiceMatters, dengan cara menyampaikan aspirasi mereka sebanyak-banyaknya ke berbagai perusahaan. Sebab, suara kita sebagai masyarakat itu berpengaruh lho, dan bukan hanya pemerintah saja yang harus bisa meningkatkan layanan publik, tetapi perusahaan swasta juga harus bisa. Kita bisa terlibat dalam proses ini dengan menyampaikan pendapat kita lewat kanal yang tepat seperti aplikasi BULP ini.

Kamu bisa menggunakan BULP dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store http://bit.ly/bulpplaystore atau akses di web: http://bulp.co.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *