Ibu, 10 tahun penjara, 10 milyar rupiah


Meet my heroes :-)

Jika ditanya apa cita-cita saya, saya hampir selalu menjawab bahwa saya ingin membuat Ibu saya bangga. Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding mendengar Ibu menceritakan aktivitas saya kepada orang lain dengan wajah berbinar-binar. Semua mimpi yang saya bangun satu persatu, dan semoga semua bisa saya raih, saya persembahkan untuk beliau. Belakangan ini, kita dibombardir berita buruk yang tidak habis-habisnya, dan hampir semuanya merupakan isu hukum. Saya… tidak henti-hentinya memikirkan Ibu. Terbangun di tengah malam dan menangis, kehilangan semangat untuk melakukan kegiatan rutin (termasuk, surprisingly, makan), ketidakinginan untuk menyimak berita… Entah apa lagi.

Selasa, 25 Januari 2011, periode ujian akhir semester dimulai. Hari itu juga, Ibu harus menghadiri sidang pembacaan tuntutan. Hampir tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan Ibu saya, yang sejak bulan September 2005 bekerja di Bank Century. Hanya keluarga dan kerabat dekat kami yang mengetahui bahwa Ibu menjadi tersangka di beberapa kasus yang berhubungan dengan pencairan kredit di Bank Century. Sidang pembacaan tuntutan kemarin merupakan salah satu dari beberapa sidang terakhir di kasus pertamanya.

Sejak Bank Century di-bailout dan diambil alih oleh LPS, kira-kira bulan November 2008 (saya ingat karena baru mendapat pengumuman bahwa terpilih sebagai Global Changemaker dari Indonesia), Ibu sering sekali pulang malam, karena ada terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Saya jarang bertemu beliau. Bahkan ketika saya berulangtahun ke 18, saya tidak bertemu dengan Ibu sama sekali, karena beliau masih harus mengurus pekerjaan di kantor. Itu pertama kalinya saya berulangtahun tanpa Ibu.  Seiring dengan diusutnya kasus Century, Ibu harus bolak-balik ke Bareskrim untuk diinterogasi oleh penyidik sebagai saksi untuk kasus-kasus yang melibatkan atasan-atasannya.

Sejak saya kecil, Ibu saya harus bekerja membanting tulang agar kami bisa mendapat hidup yang layak – agar saya mendapat pendidikan yang layak. Ketika saya duduk di SMP, beliau sempat di-PHK karena kantornya ditutup. Kami mengalami kesulitan keuangan pada saat itu, sampai akhirnya saya menerbitkan buku saya agar saya punya “uang saku” sendiri dan tidak merepotkan beliau, maupun Papa. Ibu sempat menjadi broker property, berjualan air mineral galonan, sampai berjualan mukena. Adik pertama saya, Aisya, ketika itu masih kecil. Ibupun mengandung dan melahirkan adik kedua saya, Fara. Akhirnya, ketika buku saya terbit, beliau mendapat pekerjaan di Bank Century. Papa sudah duluan bekerja di sana, tetapi hanya sebagai staf operasional.

Saya lupa kapan… tapi pada suatu hari, saya mendengar status Ibu di Bareskrim berubah menjadi TSK. Tersangka.

Itu merupakan hal yang tidak pernah terlintas di pikiran saya sebelumnya. Tersangka? Dalam kasus apa? Dituduh menyelewengkan uang?

Sejak Ibu bekerja di Century, hidup kami tetap biasa-biasa saja. Jabatan Ibu sebagai Kepala Divisi boleh dibilang tinggi, tapi tidak membuat kami bisa hidup dengan berfoya-foya. Orang-orang di kantor Ibu bisa punya mobil mahal, belanja tas bagus, make up mahal… Tidak dengan Ibu. Mobil keluarga kami hanya satu, itupun tidak mewah. Saya sekolah di SMA negeri dan tidak bisa memilih perguruan tinggi swasta untuk meneruskan pendidikan karena biayanya bergantung pada asuransi pendidikan. Ibu tidak membiarkan saya mendaftarkan diri untuk program beasiswa di luar negeri – beliau khawatir tidak bisa menanggung biaya hidup saya di sana. Papa di-PHK segera setelah kasus Century mencuat ke permukaan. Papa tidak bekerja, hanya Ibu yang menjadi “tulang punggung” di keluarga saya. Papa dan saya sifatnya hanya “membantu”.

Saat itu, berat sekali rasanya, Ibu memiliki titel “tersangka” di suatu kasus. Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya ketika itu. Saya duduk di Kelas 3 SMA tatkala status Ibu berubah. Ibu jatuh sakit karena tertekan. Tepat satu hari sebelum Ujian Akhir Nasional, Ibu harus diopname, dan saya baru tahu pukul 10 malam karena keluarga saya khawatir hal ini akan mengganggu konsentrasi saya dalam menjalani ujian. Saya tidak lagi bisa memfokuskan pikiran saya terhadap UAN SMA. Pikiran saya hanya Ibu, Ibu, dan Ibu.

Sejak itu, hidup kami benar-benar berubah… walau dari luar, Ibu dan Papa berusaha terlihat biasa-biasa saja. Mereka tidak cerita banyak kepada saya. Mobil dijual dan mereka membeli yang jauh lebih murah. Kami jarang pergi jalan-jalan dan saya jarang mendapat uang jajan. Kami lebih jarang menyantap pizza hasil delivery order. Supir diberhentikan, dan hanya punya satu pembantu di rumah. Ibu dipindahkan ke kantor cabang, sementara Papa mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Saya beruntung, mereka berdua tidak pernah menahan saya dari melakukan hal-hal yang saya mau lakukan, terutama aktivitas Global Changemakers dan IYC. Tapi, saya sadar, bahwa hidup kami benar-benar berubah.

I can live with that. I’m willing to work part time, do internships, and work my ass off to publish more and more books if it would help my parents, especially my mother. Although I don’t have my own car and I can’t shop luxurious stuff just like my friends do, I’m happy, and I’m willing to live like that. Saya mau, meski hal tersebut pasti melelahkan. Saya memilih beasiswa dari BINUS International dibanding Universitas Indonesia, salah satunya juga supaya orangtua saya tidak perlu lagi membiayai pendidikan saya. Supaya uang untuk saya bisa digunakan untuk membiayai pendidikan adik-adik saya. Saya ingin mereka bisa les Bahasa Inggris bertahun-tahun seperti saya dulu… siapa tahu mereka bisa memenangkan kompetisi-kompetisi internasional yang bergengsi.

Awalnya pun berat bagi Ibu, tapi lambat laun, Ibu sangat ikhlas. Ibu jarang membagi kesulitannya kepada saya – selalu disimpan sendiri atau dibagi ke Papa. Beliau hanya mengingatkan saya untuk tidak lupa shalat dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai-nilai yang baik agar beasiswa tidak dicabut. Dari apa yang dialami Ibu, saya belajar untuk tidak dengan mudah mempercayai orang lain. Ibu orang baik dan hampir tidak pernah berprasangka buruk. Tapi sepertinya kebaikannya justru dimanfaatkan untuk kepentingan orang lain.

Ibu dituduh terlibat dalam pencairan beberapa kredit bermasalah, yang disebut sebagai “kredit komando” karena bisa cair tanpa melalui prosedur yang seharusnya. Beberapa kredit cair tanpa ditandatangani oleh Ibu sebelumnya. Padahal, seharusnya semua kredit baru bisa cair setelah ditandatangani oleh beliau yang menjabat sebagai Kepala Divisi Corporate Legal. Ya, tidak masuk akal.

“Kredit komando” ini terjadi atas perintah dua orang yang mungkin sudah familiar bagi orang-orang yang mengikuti kasus Century melalui berita, Robert Tantular dan Hermanus Hasan Muslim. Dua orang ini sudah ditahan dan seharusnya, menurut saya, kasusnya sudah selesai. Ibu dulu hanya menjadi saksi dalam kasus mereka berdua, karena kredit-kredit tersebut cair karena perintah mereka, bukan Ibu. Bahkan tandatangan Ibu pun “dilangkahi”. Pertanyaan saya, mengapa Ibu dijadikan tersangka? Nonsens.

Oleh karena itulah, saya optimis. Saya tahu bahwa Ibu tidak bersalah, walaupun saya ‘awam’ dalam dunia hukum perbankan. Saya selalu berkata kepada Ibu bahwa semua akan baik-baik saja, karena itulah yang saya percayai, bahwa negara ini (seharusnya) melindungi mereka yang tidak bersalah, bahwa negara ini adalah negara hukum.

Sampai akhirnya, pada tanggal 25 Januari 2011, sehari sebelum saya ujian Introduction to Financial Accounting, saya harus menerima sesuatu yang, sedikit-banyak, menghancurkan mimpi yang telah saya bangun bertahun-tahun, dalam sekejap.

Hari itu seharusnya menjadi hari yang biasa-biasa saja. Ujian hari itu bisa saya kerjakan dengan baik. Saya pulang cepat dari kampus, tidur siang, bangun dan menonton televisi. Ibu pulang malam. Status BBM salah seorang tante berisi: “Deep sorrow, Arga”. (Nama Ibu adalah Arga Tirta Kirana). Saat itu, untuk sejenak, saya tidak mau tahu apa yang terjadi. Hari itu, Ibu dan Papa pergi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk mendengar pembacaan tuntutan.

Ibu dituntut kurungan 10 tahun penjara dan denda sebesar 10 milyar Rupiah.

Sesak nafas. Yang terasa cuma airmata yang tidak berhenti.

Mungkin, ini cuma mimpi buruk… Mungkin, ketika terbangun, ternyata kasus ini sudah berakhir, dan saya bisa menjalani hidup yang “biasa” lagi dengan Ibu, Papa, dan dua adik-adik yang masih kecil. Walau hidup kami tidak mewah, tapi bahagia. Tidak harus ada sidang, tidak harus ada penyidikan di Bareskrim, tidak harus ada pulang larut karena harus ke kantor pengacara, tidak harus melewatkan makan malam yang biasanya dinikmati bersama-sama. Saya kangen Ibu masak di rumah: pudding roti, spaghetti, roast chicken, sop buntut, apapun. Saya kangen pergi ke luar kota, walau cuma ke Bogor, bersama keluarga. Hal-hal kecil yang sudah tidak bisa kami nikmati lagi. Kalau ini hanya mimpi buruk, saya mau cepat-cepat bangun.

Mungkin saya tidak sepintar banyak orang di luar sana, terutama para ahli hukum: mulai dari hakim, jaksa, sampai pengacara maupun notaris. Saya tiga kali mencoba untuk diterima di FHUI, dan tiga kali gagal. Tapi, saya bisa menilai bahwa tuntutan yang diajukan itu tidak masuk di akal.

Gayus – kita semua tahu kasusnya, kekayaannya, kontroversinya – divonis 7 tahun penjara dan denda 300 juta. Robert Tantular dituntut hukuman penjara selama 8 tahun dan Hermanus Hasan Muslim dituntut hukuman penjara selama 6 tahun dari PN Jakarta Pusat. Lalu, mengapa Ibu 10 tahun? Setolol dan seaneh apapun saya, saya cukup waras untuk tidak sanggup mengerti konsep tersebut menggunakan nalar dan logika saya. Apakah karena keluarga kami tidak memiliki uang? Ataukah karena Ibu justru terlalu baik?

Ini negara yang saya dulu percayai, negara yang katanya berlandaskan hukum. Atas nama Indonesia, saya dulu pergi ke forum internasional Global Changemakers. Atas nama Indonesia, saya mengikuti summer course di Montana. Untuk Indonesia, saya memiliki ide dan mengajak teman-teman menyelenggarakan Indonesian Youth Conference 2010. Indonesia yang sama yang membiarkan ketidakadilan menggerogoti penduduknya. Indonesia yang sama yang membiarkan siapapun mengkambinghitamkan orang lain ketika berbuat kesalahan, selama ada uang. Indonesia yang sama yang menghancurkan mimpi-mimpi saya.

“Apa yang Alanda ingin lakukan sepuluh tahun lagi?”

Sebelumnya saya tahu, saya punya begitu banyak mimpi yang ingin dicapai, untuk membuat Ibu bangga, dan – mungkin – untuk Indonesia. Ingin mendirikan sekolah supaya pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, ingin menyelenggarakan IYC terus menerus agar ada banyak agen perubahan di Indonesia, ingin ini dan ingin itu. Keinginan-keinginan itu mati tanpa diminta. Sekarang hanya ingin Ibu bebas dari seluruh kasus tersebut. Sekarang hanya ingin hidup bahagia bersama Ibu, Papa, dan adik-adik – di rumah kami yang tidak besar tapi cukup nyaman; jalan-jalan dengan mobil yang tidak mahal tapi bisa membawa kami pergi ke tempat-tempat menyenangkan.

Saya mau ada Ibu di ulangtahun saya yang keduapuluh, dua minggu lagi. Saya mau ada Ibu di peluncuran buku saya – seperti biasanya. Saya mau ada Ibu waktu nanti saya lulus dan diwisuda. Saya mau ada Ibu ketika saya suatu hari nanti menikah. Saya mau ada Ibu ketika saya hamil dan melahirkan anak-anak saya.

Uang, politik, hukum yang ada di negara ini menghancurkan bayangan saya tentang hal itu. Mungkin selamanya pilar-pilar hukum hanya akan mempermasalahkan kredit-kredit macet, menjebloskan orang-orang ‘kecil’ ke penjara tanpa bukti dan analisa yang komprehensif (maupun putusan yang masuk di akal), bukan 6,7T yang entah ada di mana saat ini. Mungkin hal-hal seperti ini yang membuat pemuda-pemuda optimis berhenti berkarya untuk Indonesia. Mungkin hal-hal seperti ini yang membuat individu-individu brilian memilih untuk tinggal dan berkarya bagi negara lain… agar keluarga mereka tetap utuh. Supaya mereka tidak harus menghadapi ketidakadilan yang menjijikan seperti ini.

Saya mau Ibu ada di rumah, Indonesia. Tidak di penjara, tidak di tempat lain, tapi di rumah, bersama saya, Papa, Aisya, dan Fara.

Hari Kamis, Ibu akan membacakan pledooi (pembelaan) di PN Jakarta Pusat. Ibu akan menceritakan seluruh kejadian yang beliau alami dan mengapa seharusnya beliau tidak mengalami tuduhan apalagi tuntutan ini.

Saya mohon doanya buat Ibu, walau mungkin Anda tidak pernah mengenalnya. Ia berjasa besar bagi saya, dan saya yakin, bagi banyak orang di luar sana. Beliau membutuhkan doa, dukungan, dan bantuan dari banyak orang.

Even if I have to let Indonesian Youth Conference go, even if I have to work hard 24/7 to live without having to ask for allowances from my mother… I’m willing to do so.

I just want her to stay with me… instead of behind those scary bars. I just want her to witness everything that I will achieve in the future. I just want her to see my little sisters grow up, beautifully. I just want her to always be there around the dining table, and we’ll have dinner together. I just want her to cook again for the whole family on Sunday mornings. I just want her to let me drive for her when she has to go somewhere. I just want her to listen to my stories about my boyfriend, my friend, campus life, or silly little things. I just want her here… Here.

I love you, Mum. I do… :'(

293 thoughts on “Ibu, 10 tahun penjara, 10 milyar rupiah

  1. landa. sesak banget waktu gw baca post lo ini.
    tapi anyway, gw ngerasain hal yang sama kaya lo.
    tapi ini ayah gw,
    dan ini sudah memasuki tahun ketiga.
    waktu itu, gw kelas 3 sma. dan itu penghujung mau uan, dan beraaaaaaaaaat banget rasanya.
    tuduhan dan kasus yang sama kaya ibu lo landa, tapi beda tempat.
    gw setuju, uang politik hukum, semuanya juga ngehancurin mimpi-mimpi gw landa.

    tulisan lo, ngingetin gw, rasanya 3 tahun lalu, ketika berita itu sampai ke telinga gw. ayah gw.
    sesak banget. i believe in him. entah ada apa di negara ini.
    dan ayah gw masih disana sampai sekarang, kami masih nunggu.

    lo pasti kuat.
    lo pasti bisa ngelaluin ini semua, sama halnya kaya gw,
    be tough yaaa girl.

    lo ga sendiri kok :)

    anyway, lo hebat bisa nulis ini, gw gabakal sanggup nulis soal ini di blog gw.
    comment gw ini, gausah di show ya. gw cuma pengen berbagi aja, karna apa yg lo alamin gw alamin juga..
    gw tau banget rasanya gimana nda, berat banget.
    tapii, gw yakin dan gw tau ayah gw gimana, sama halnya lo pasti tau ibu lo sebenernya kaya apa.
    semangat ya :)

  2. alanda, terus semangat ya :) saya juga tidak terlalu paham mengenai masalah hukum, tapi inilah negeri kita. terus berdoa, ya. saya dari sini ikut mendoakan semoga mama alanda mendapat hasil yang terbaik versi Tuhan karena skenario Tuhan itu indah :)

  3. Kak Alanda, we used to know each other yearsssss ago. You wanted me to design the very first TCFT’s blog. Tp kayanya mungkin skrg udah lupa yaa hehe.

    Kak, sedih bgt rasanya waktu baca tulisan ini dari awal sampai akhir. Karena aku sangat ngerti perasaan kakak ketika kita tau orangtua kita di sisi yang baik dan berusaha buat melakukan kebaikan tp sayangnya kebaikan itu dimanfaatkan bahkan seringkali direkayasa utk permainan politik orang-orang dgn kekuasaan yang lebih tinggi. Semoga pada akhirnya kakak sekeluarga diberi ketabahan dan semoga kebenarannya bisa terungkap secepat mungkin. May god bless you and your family :’)

  4. I dont know what to say on this, still speechless, but for sure, God is not blind, justice will come, goodness overcome the bad ones. You have my prayers for you and your family, Alanda. :)

  5. alanda,saya sudah lama mengikuti tulisan di blog mu. dan banyak sekali blajar dari pengalaman hidup mu. dan sekarang, jadi semakin paham mengapa kamu bisa jadi seseorang anak muda inspirator. saya yakin, kamu dan keluarga telah lama lewati masa2 yg tidak mudah, saya yakin masalah ini pasti akan selesai berjalan nya waktu. Tuhan pasti kasih jalan yg jarang kita duga. Semangat ya, cheers

  6. Be strong, Alanda. There’s always hard times for everybody. Percayalah kalau Allah nggak pernah tidur, dan nggak akan pernah meninggalkan sisi kita. Have faith, and the light will show itself. My prayers with you :)

  7. My prayers are with you, whoever you are. My heart beats for your strength with your family as well. May God bless you and your family, and your prayers be answered.

  8. i will pray may our family be strong, and what ever happens… It will be the best for your family.

    Be strong, i support u

  9. Turut prihatin Alanda. :(

    I will pray for your mother and do something. I’ll think what I can do. I know that feelings. I really do.

    Remember Prita, we can do something for somebody else we dont know. Lets do it again for your mom!

  10. Be strong, Alanda
    You are my inspiration, since I found you in twitter few months ago.
    We know we couldn’t understand God’s plan sometimes..
    But He works in His own way, and it will only bring happiness.
    Let’s just believe in that
    God will always protect our family. He won’t leave us alone. We know that too well :D
    Be strong, I’ll pray for ur mum.
    :)

  11. doa saya, mbak.. untuk Ibu, untuk mbak, untuk keluarga semua, agar dikuatkan, disabarkan menghadapi semuanya.. *hugs

  12. Dear Alanda,

    Thank you for sharing :) Remember that God is a fair God. Don’t be affraid and keep the faith. I remember watched movie, “Convicted” (Hillary Swank). I learn that if someone tried hard and faithful to what he/she desire, he/she will get the dream comes true.

    Keep support your beloved mother. Do as she said and never stop praying! God is watching us!

    Warmest regard,
    Felix

  13. be strong alanda. keadilan akan selalu ada walau tidak di dunia tapi di akhirat akan dibalas. *warm regards*

  14. be strong alanda…. we know its really hard.. but you gotta be strong. didoakan yang terbaik buat keluarga alanda….

  15. turut prihatin!

    saya mendoakan semoga kebenaran dan keadilan dapat terungkap tanpa campur tangan pesanan/kepentingan..

    saya mendoakan yang terbaik untuk dirimu dan keluarga..

    saya mendoakan agar dirimu dan keluarga diberikan kekuatan, kesabaran, ketabahan..

    saya (masih) percaya, bagi mereka yg berani bermimpi akan tumbuh sepasang sayap saat mereka terjatuh..

    semangat!

  16. Saya sudah sering sekali mendengar nama Alanda Kariza dan segala prestasinya di usia yang sangat muda, tapi baru sekarang saya tahu dibalik pemudi yang tegar itu ada beban seberat ini.

    Semoga kuat dan dikuatkan dan semoga diberi yang terbaik. Semoga ibu sefera dibebaskan.

    Amin.

  17. Salut bwt lo, gua doain yg terbaik bwt lo. Tapi apapun kejadiannya kelak, lo harus terus berkarya, karena itu yang terbaik yang lo bisa lakuin..

  18. Dear A.
    I’m praying for your mom. Never stop the optimism you have in you.

    God has his own plan, you play your role, and keep the faith. God is good.

    Love and Respect,
    LTD

  19. Sabar dan banyak berdoa aja.. Yakinlah kalo kebenran akan sellu menang, meski harus melalui perjalann yang panjang. I do support u for the best.. Just believe, God always has a beautiful plan for you n fam.

    Semoga diberikan yg terbaik. Amien

  20. Alanda, my pray for your mom.
    U’re such a strong beautiful girl!!! Ur mom is definitely proud of u.

  21. So sad to read this..wish I can help you..semoga tetep diberi kekuatan yah!

  22. speechless, nangis terisak.
    Ibu adalah segala-galanya. Sabar ya alanda, saya doakan yg terbaik untuk ibumu. Semoga keadilan selalu menyertai beliau. Amin.

  23. Even if I say, I can understand your feeling, I will lie. But I can imagine, it’s a very difficult time for you and your family.

    I’ll pray the best for you, your mother and your family :)

  24. Yang sabar ya Alanda, Allah pasti bersama Ibu kamu. Semoga diberi kemudahan & kekuatan untuk melewati semua ini, manusia bisa zhalim tapi Allah tidak mungkin membiarkan itu terjadi. Tetap semangat ya, kamu hebat, Ibumu pasti bangga.. :)

  25. Speechless.. Yang bisa keucap cuma, “Sabar ya, Dik.. Badai pasti berlalu.”

    Rasa adil manusia itu hanya sedikit saja, yg terpenting adalah keadilan Allah. Jika Ibu Arga memang tidak seperti yg dituduhkan, bahkan hanya dijadikan “tumbal” oleh jajaran yg lebih tinggi, maka berserahlah kepada Allah, Dik. Allah tidak tidur. Allah tidak alpa. Allah tidak tuli. Dan Allah Maha Tahu apa yang ada jauh di dalam hati manusia. Jadi, anggaplah ini adalah ujian kesabaran, sebuah kesulitan yang akan segera berganti dengan kelapangan. Bersabarlah, meski itu sulit. Yakinlah bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar..

  26. Deep condolences for this unfortunate event.

    I think this may be the least of help, but there is nothing else I can do. I will pray. I will pray for the release of your mother, for her need to be proven of innocence to be satisfied. What you have described is pure injustice.

    I am sorry to be the least-est of help, but it seems that I have nothing else I can do. But Alanda, if you ever need help or anything, just e-mail me. I’ll do my best. <– not small talk :P

    PLUR-Humanity,
    Ru Higenacht

  27. Dear Alanda,
    qta,saya & kamu punya ‘cita2’ yg sama,punya rasa yg sama,rasa cinta terhadap wanita yg mengandung qta! demi Allah,air mata saya ga kebendung baca ini…seolah saya merasakan sakit yg sama…
    dengan mampu menuliskan ini,cukup membuktikan kamu anak yg kuat..semoga kalian sekeluarga selalu dikuatkan,perjuangkan terus untuk mencapai apa yg dinamakan keadilan! DON’T STOP BELIEVING! She’ll back & always be there for u… salam^^

  28. Walaupun kita tidak saling kenal tapi gw bisa baca dari blog ini bahwa lo orang yang luar biasa. You’re tough and low profile. Always pray for your mother, she’s amazing. I believe that she didn’t do something wrong! Always keep spirit!! Be tough,alinda, semoga ada jalan keluarnya,amin :)

  29. Yang tabah ya, Nda. Saya doakan semoga keluargamu diberikan keadilan yang sesungguhnya. :(

    *gemes sama hukum di negara ini* :((

  30. My pray for your Mom. My mom is my hero too. I hope u stay strong and I believe behind every cloud there is always a beautiful rainbow. Stay strong! With GOD we are more than any conquerors. Amen!

  31. Hi Alanda,

    I’m so sorry for what happened with your mother. Semoga beliau diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menyampaikan sidang pledoinya nanti.

    Dulu saya pernah juga mengalami hal ini, walaupun bukan terjadi pada orang tua saya sendiri. Namun, tetap saja sulit buat saya untuk menerimanya, karena beliau adalah orang yang saya kagumi dan saya percayai integritasnya. Hidup memang kadang tidak adil, tapi kita tidak boleh menyerah.

    Oh ya, salam kenal. Saya sudah sering dengar nama kamu, terutama lewat Internet.

    Saya salut sekali melihat kamu bisa bertahan, bahkan tetap membuat prestasi saat cobaan sedang menimpa keluarga kamu. Sejak pertama kali membaca profil kamu waktu kamu jadi salah satu kandidat One Young World 2010 delegate, saya selalu terinspirasi oleh banyaknya prestasi dan kontribusi yang sudah kamu lakukan, mulai dari The Cure for Tomorrow, Global Changemakers, Indonesian Youth Conference, Ashoka Young Changemakers, dan sebagainya. Apalagi usia kamu masih muda sekali.

    Tidak banyak anak muda yang bisa seperti kamu. It’s a gift God gives to you. Indonesia pasti bangga punya kamu. Indonesia itu bukan cuma mereka, orang-orang tidak bertanggung jawab yang tunduk di hadapan uang. Masih ada 200 juta orang Indonesia lainnya yang menanti perubahan dari kamu, kita, orang-orang muda yang masih punya harapan terhadap kemajuan negeri ini. Banyak yang menanti uluran tangan kita.

    Saya doakan semoga kamu dan keluarga diberikan jalan keluar yang terbaik olehNya. Saya selalu ingat pesan teman saya kalau saya sedang ditimpa cobaan:

    “La tahzan innallaha ma’ana” (9:40)
    “Don’t be sad. Allah is with us.”

    Tetap semangat. Tetaplah jadi harapan kita, orang-orang Indonesia yang menginginkan perubahan.

    Cheers

  32. Dear Alanda,

    aku tidak janji tapi aku akan berusaha kirim doa untuk ibumu setiap hari.. untuk jalan yang terbaik.. aku ingin agar Alanda selalu percaya bahwa selalu ada “harapan” untuk setiap langkah yang dipijak dan doa yang terucap.

    be strong. you got my all support.

    big hugs

  33. Its terribly a sad entry from you Alanda..May God strengthen you and your family, and all the facts reveal in the end.
    Be strongggg Alanda

  34. Speechless bgt bacanyaa :( , tapii aq salut sama kamu nda :) . Moga2 keadilan pelan2 bisa tumbuh d negeri ini . Moga2 kasus Ibumu cpt selesai , happy ending tentunya

  35. May God always with you, your mother, and rest of your family.
    You have to believe in something: if you think that world is not fair, it is not fair indeed, that’s why there’s the afterlife… We will find a very fair law and justice there.

    Be though & strong, Sister… :)

  36. Semangat Alanda! Mungkin tidak bisa berkata banyak atas tulisan yang bikin speechless ini. We’ll pray for you, your mother, your whole family. God bless you! :)

  37. My dearest Sweet alanda,
    Though I don’t know you nor have we ever met, I believe you are a good friend of my lovely brother, Abenk. I am sobbing with deep tears as I’m writing to you. I’ve never cried so hard reading someone else’s story like I’m crying over yours. Truly, My heart goes out to you and your family. I feel all my problems mean nothing compare to what you’re going through. Semoga Tuhan membalas perbuatan dzolim dan ketidakadilan oleh pihak2 yang terlibat dalam kasus ini dan semoga Tuhan membalas budi dan kejujuran ibu Arga di dunia ini dan juga di akhirat nanti, Insya Allah. I will pray for you and your mom and ofcourse your family to be given more and more strength to get through this. Insya Allah this too shall pass and May God always be with you. Much love, hopes and prayers. Kania Annisa Anggiani

  38. You pointed it out quite accurately, “Mungkin hal-hal seperti ini yang membuat individu-individu brilian memilih untuk tinggal dan berkarya bagi negara lain… agar keluarga mereka tetap utuh. Supaya mereka tidak harus menghadapi ketidakadilan yang menjijikan seperti ini.” As much as I want to admit this country as a home to come home to honey, as much as that, some things Indonesia cannot behold respectively throughout times, until I came down to a very shallow assumption that it’s just thee mother nature of Indonesian law and regulations. I, as hard as I can, try to live someplace else just to tame down the great fear I have towards this tricky country and whatnots. They need some serious ‘pocket’ laundry.

    Prayers sent to you and family, Alanda. Stay strong. Chin up. You’ve got so much more to give out than those men covered in muddy coloured stiff fabrics with badges overfilling it entirely.

    x

  39. Alanda, dan orang-orang seperti dia, yang membuat kita percaya bahwa Indonesia masih ada, diberangus atas nama kekuasaan.
    SBY emang jancuk.

  40. turut prihatin nda. mudah2an cepet kelar dan nyokap lo bebas dari tuntutan. amin. kalo butuh apa2 bilang aja nda.

  41. Al? Apa2an ini? I’m so sorry to hear all this, sweetie. Kaget setengah mati. Terutama krn kasus Century udah lama aku “block” dari keseharian. Males, karena gak selesai2. Jadi udah gak pernah ngikutin. I’m one of those people, who after over 40 years of my life, hate Indonesia krn hal2 kayak gini. Gak pernah nyangka tapi, that it would happen to someone I know, someone I care about. You out of all people!

    When it comes to Indonesia, I lost hope a long time ago. But I thought maybe it’s your turn to prove me wrong. Anak2 muda kyk kamu. Murka setengah mati baca ini!

    Anyway, aku gak bisa banyak bantu, selain minjemin kuping kalo kamu perlu someone to listen, minjemin sedikit kata2 klise kalo kamu perlu someone to talk to, and as many hugs as you need. BBM ya kalo perlu apa2.

    Love,
    Rini

  42. stay strong, I’m with you in prayers
    every difficulty you encounter will make you better, stronger, wiser

  43. Dear Alanda,

    You are a girl with a BIG brave heart. Be Strong!
    Would like to see my daughter grow up like you.
    My sympathy goes to you, your Mom & your family.

    Keep fighting & pray,
    Sidd

  44. Wish all the best for u, ur mom and ur family.. Semoga keadilan itu masih ada dan tidak mengecewakan mereka yg mempercayainya..

  45. Sedih membaca ceritamu…
    Imho, di perbankan memang yang paling bertanggungjawab atas cairnya kredit adalah orang yang memiliki kewenangan dalam memutus kredit.
    Legal department sehrusnya hanya sebagai departement yang memberikan masukan atas legalitas perusahaan, jaminan dan pengikatan2 yang akan dilakukan berkaitan dgn kredit tersebut.

    Keadilan dan kebenaran? Hanya ada pada Tuhan…

    Besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya… Tuhan punya rencana, siapa yang bisa menyangka?
    Orang yang benar2 mensyukuri apa artnya ‘manis’, adalah orang2 yang sudah mengetahui betul apa artinya ‘pahit’….

  46. wow. i have never commented before but, wow.
    although i have nothing to offer to you, i just want to say i will join the prayer. i hope your mother and family receives justice, as to anyone else going through the same situation.
    stay strong and may Allah bless you :)

  47. begitu menyentuh.
    saya turut berduka, dan berdo’a semoga ada keajaiban dan mukjizat yg bisa melepaskan ibu nya dari jeratan hukum yg tidak masuk akal.
    dan semoga negara kita bisa jadi jauh lebih baik 10 tahun ke depan dimana kita semua sudah cukup dewasa untuk menggerakannya.
    tetap semangat!

  48. Alanda.. Be strong yah!! :D I know it’s hard, but God surely will give you enough strength to face it all. Our prayer be with you. Don’t worry. Berdoa dan percaya saja. Tuhan sendiri yang akan membela orang2 benar :)

  49. Be strong dear, dekatkan diri kepada Allah dan mintalah kepada-Nya dengan keyakinan. You’re not alone. And you and your family are going to get thru this, we got your back. Me, and maybe even thousands of people you don’t know will pray for you. So have faith, okay.. *hugs*

  50. hai!
    tadi secara tidak sengaja melihat link tulisanmu di Twitter.
    jujur, saya termasuk orang yang percaya ada sesuatu di balik semua kasus yang terjadi di Indonesia, termasuk dalam kasus Century yang menimpa Ibumu. namun semua itu masih berupa puzzle yg benar-benar berantakan dan belum bisa terlihat gambarnya. saya melihat Ibumu menjadi korban dalam kasus ini. sejauh ini yg bisa saya katakan hanya, SEMANGAT! td ketika membaca riwayat hidupmu sepertinya justru dengan segala tekanan dan kesulitan yg dihadapi kamu bisa menjadi kuat dan berkembang seperti sekarang. bersyukurlah atas hal itu :)
    maaf jika comment saya mengganggu, izinkan saya mendoakan yg terbaik bagi ibumu terlebih bagi bangsa dan negara ini.
    terimakasih.

  51. I don’t know what should I say after read the notes…

    just be strong… God will always be with you, your mother and your family….

  52. Stay strong. Don’t loose faith. They didn’t award you global changemaker for no reason. When everything seems going downward, you have no choice but going back up. You will and you should!

  53. Turut bersimpati ya adikku. Ini adalah cobaan buatmu dan keluarga. Bila kalian kuat menghadapinya,niscaya kalian akan menjadi semakin kuat dalam menghadapi hidup di masa yang akan datang. Senantiasa berdoa dan meminta kepada Tuhan. Doakan ibumu tanpa henti. Dan jangan menanam kebencian kepada orang2 yang menjerumuskan ibumu,tapi maafkan mereka. Karena Tuhan lah nanti yang akan memberikan Reward & Punishment kepada umatNya. Semoga dengan tulisanmu ini,banyak orang akan tergugah dengan kebobrokan hukum dan keadilan di Indonesia (bagi yang membuka mata). Cheers,,cause u belong to God! :)

  54. Dear alanda,
    I just can’t believe dibalik prestasimu ternyata kamu punya masalah sebesar ini. Percayalah akan kuasa Tuhan dear, tak selamanya keadilan bagi umat manusia bisa ditegakkan, tapi Tuhan menjanjikan bahwa Dia adalah Maha Adil. Aku ikut berdoa, semoga Ibu mendapatkan keadilan. Keep prayin’ and believe, God will always with U and mom..

    :)

  55. saya tidak pernah tau anda sebelum nya, dan saya hanya tidak sengaja membaca blog anda, yg saya tahu, Tuhan akan memberikan jalan yg terbaik untuk anda, jika anda terus bersandar padaNya. Tuhan memberkati

  56. I don’t know how I can help u yet, but I promise u I’ll do what I can. Me and the guys will talk soon. Meanwhile, pls stay strong for dad n your siblings. Gbu.

  57. Stay strong, dear….

    I’ve once heard someone said, “in the end, justice will prevail”
    but I believe that’s not the case if we keep our faith and prayer…

    God knows and listens…
    Hope things will turn out well…

    pray…pray…pray…

  58. be strong, dear.
    we’ll pray for your mom, that’s the least we can do.
    i wish you mom the best luck, and it shall gives justice a chance once more.
    Yours sincerely,

  59. Keep praying for your Mom. We will support you.
    Orang benar tidak akan pernah salah di mata Tuhan. Serahkan pada DIA yang Maha Adil. Semoga Ibumu bisa diringankan. Amin. Tetap tabah buat keluaraganya.
    Gbu :)

  60. Alanda Kariza,
    You’ll get what you’ve paid, really :) aku emang ga pernah ngerasain gimana rasanya di posisi kamu, tapi semua hal terjadi (baik atau buruk) memang terjadi karena sesuatu alasan yg berdampak baik. Inilah saat-saat kamu harus mendekatkan diri pada Tuhan, berdoa (aku juga bantu doa dan km jg percaya kan doa itu kekuatan terbesar). God loves you so much, He wants you and your family to be stronger. Apa yg kamu alami kini mungkin km ga bisa ngerti, tp satu hal yg mesti kamu ingat, SEMUA yg Tuhan kasih dan yg terjadi dlm hidup km itu indah semua :) tangisan kamu hari ini akan dibayar berpuluh kali lipat nanti :)

    sorry, ini cuma pikiran yg pop out dr kepalaku aja, mungkin km pikir aku sok atau ga setuju dgn kata2ku, aku cuma tumpahin semua yg aku rasain k sini :)
    God bless you and your family :)

  61. SEDIH membaca ini.

    hanya bisa mendoakan, agar masalah selesai dan semua kembali seperti dulu…

    salam hangat :’)

  62. Yang sabar aja. Tuhan punya rencana di balik semua ini. I believe you and I believe that your mom is not guilty. Its just that this country has got no legal implications and law enforcements whatsoever and I have to say I dislike Indonesia for that. Hopefully your mom can be reunited with your family sooner rather than later. Best of luck and dont change your attitude. Cheers

  63. saya pernah merasakan kayak yang kamu rasakan…
    yang saya lakukan? saya mati-matian melupakan kejadian2 itu..saya membuat hidup yang baru :)
    kamu juga pasti bisa
    tuhan selalu bersama keluarga kamu :)
    saya yakin itu

  64. hai alanda, saya sangat tersentuh atas cobaan yg menimpa keluargamu. saya bisa merasakan beberapa hal-hal yg kamu ceritakan di tulisanmu ini karena saya pun pernah mengalami hal yg serupa meskipun tidak sampai berperkara di pengadilan. saya tidak mengikuti soal kasus hukum ibumu, tapi mungkin ibumu dijadikan tersangka karena berada di tempat dan waktu yg salah sebagai kepala divisi legal di bank yg pemiliknya mengabaikan urusan hukum, jadilah ibumu terseret karena posisinya membebankan tanggung jawab. soal tuntutan hukum tersebut itu saya rasa adalah tuntutan maksimal yang mana jaksa penuntut umum wajib ajukan. dalam proses persidangan di pengadilan nanti hakim akan mendengarkan keterangan saksi-saksi yg memberatkan maupun meringankan, menimbang alat-alat bukti yg memberatkan maupun meringankan, mempelajari apakah ada unsur-unsur yg dapat memperingan atau menghapus tindak pidana, sebelum akhirnya menimbang putusan apa yg adil. sebagai contoh, gayus dituntut 20 tahun penjara, vonis yg jatuh hanya 7 tahun, ariel 10 tahun vonis 3,5 tahun. banyak faktor yg ditimbang hakim sebelum memutuskan jumlah hukuman. setelah putusannya nanti keluar pun masih ada jalur upaya hukum seperti banding dan kasasi. semoga saja ibumu diwakili pengacara yg handal dan tetap didukung keluarga. sementara itu, tetap fokus di kuliahmu ya. semoga ujian kemarin nilainya bagus-bagus. :)

    ~ seorang yg belajar di FHUI.

  65. Kuat dan yakinlah dengan kebenaran, yakinlah apa yg kamu yakin bahwa ibu tidak bersalah.Dengan membaca orasimu ini saya yakin bahwa ibu mu tidak bersalah, ketika kamu tidak tau ingin minta tolong kpada siapa di dunia ini makan berserahlah diri kepada allah karena allah akan membantu kita yg lemah dan terjolimin.
    Yakin Berhasil pasti berhasil.

  66. Insya Allah yang terbaik untuk keluarga anda. Allah maha mengetahui dan maha mendengar, tetaplah berjuang untuk masa depan, setidaknya ibu dan tentunya Ayah akan mendapatkan kebahagiaan kalau anda berhasil.

  67. Semangat Alanda.. Kami pasti akan membantumu dengan doa..
    Tempuh semua jalan dan upaya untuk ibumu..
    Hati hati Alanda.. Jangan pergi pergi sendirian,,karna banyak orang jahat di luar sana..
    Doaku bersamamu..
    Allahuakbar..
    Bangga banget sm kamu..

  68. MIRIS. Kalau tdk punya uang byk spt Gayus,kita yg kecil tdk bs apa”. gw yakin Bung Karno sedih liat Indonesia jaman skrg. Bisa apa kita selain berdoa dan pasrah? Indonesia bukan negara utk ‘orang baik’. Semakin baik kita,makin tertindas disini. Tdk ada penghargaan utk ‘orang baik’. Ckck.. Money can buy everything in this country. God have mercy on us.

  69. Sabar yah Dik… Insyaallah… Allah mempunyai rencana yang terbaik buat Dik Alanda dan Keluarga dan semoga Ibu diberikan kekuatan dan insyaallah bisa terbebas dari semua ini… Aminnnn…
    Saya sebagai warga Indonesia juga sangat sedih dengan hukum yg ada sekarang, semua semu… tidak ada yang bisa diharapkan dari negara ini, kecuali kita bisa fight sendiri…
    Jangan menyerah… Salam untuk Keluarga di rumah…

  70. Saudariku Alanda Kariza, jangan berputus asa, yakinlah bahwa keadilan sejati akan tiba waktunya. Berharaplah hanya pada Yang Maha Kuasa yg akan melakukan segalanya. Dan pertolonganNya tak kan pernah terlambat.

  71. Kebenaran akan terungkap pada akhirnya, meski itu membutuhkan waktu dan proses yang lama!. Tetap semangat sist!

  72. hai sist..saya jg prnah mengalami cobaan berat atau bs dibilang sangat berat sperti km..walaupun beda kasus tp saya tahu bagaimana perasaan km skrg..umur kita sama, MUNGKIN kita msh blm cukup dewasa untuk mengontrol emosi disaat musibah/teguran besar menghampiri kita bahkan cobaan yg saya dapat menjadikan saya seorang pria yang melankolis!! mudah tersinggung,mudah menangis, seakan ga trima apa yg sdh digariskan..tapi prcaya sist, mendekatkan diri sm yg diAtas itu bener2 menimbulkan efek luar biasa dan berguna banget..saya bs menjadi lebih dewasa, menghargai makna HIDUP, pentingnya keluarga buat kita, pentingnya org disekitar kita..untuk sekarang, jujur gw ikut nangis baca artikel kyk gini dr km..emang sist, kadang hidup ga adil tp sblm kita lahir, Tuhan sdh netapin nanti nasib kita kyk gmn, alur skenario kita mnuju kmatian kyk gmn,,ini smua ada yg atur sis..kesabaran lg diuji untuk skrg..tetap tegar dan smangat ya sist..doakan kluarga km, insya Allah ak ikut mendoakan jg..yang sabar, tawakkal dan ikhlas sist..berusahalah smampu km sist!! we have to struggle and fight!!

  73. hmmm usia saya waktu mengalami kejadian itu sekitar 17 tahun…kalau kamu mendapat berita itu saat akan menghadapi ujian kuliah, saya menghadapinya ketika saya sedang menjalani pelatihan terakhir Olimpiade Biologi, which is keesokan harinya adalah pelaksanaan olimpiade..ditambah lagi, saat mendapat kabar itu, ayah saya yang ‘divonis’ itu langsung stroke..
    hmmm saya membuang impian saya menjadi dokter. saya jadi jarang masuk sekolah. nilai semua mata pelajaran hancur. saya jadi berkonsentrasi mencari ‘pekerjaan’. saya mengandalkan uang dari tulisan saya. hmmmm. dalam suatu lomba saya bertemu dengan orang yang baik, yang mengarahkan saya untuk mengganti mimpi saya. akhirnya hal itu yang menjadi hal yang saya pilih dalam SPMB dan alhamdulillah diterima dan menjadi hal yang saya geluti dengan cinta hingga sekarang.
    hal yang paling sulit adalah bernegosiasi dengan konstruksi saya sendiri tentang hukum, tentang negara, tentang kemanusiaan, tentang nurani, tentang keadilan. seperti kamu, saya percaya bahwa semua pasti berjalan dengan baik dan seharusnya. tetapi apa? konstruksi saya ternyata utopis. saya marah. saya kecewa. saya kesal, saya benci. saya kalah. ah, tapi untungnya saya tidak dendam. saya hanya lebih sering diam dalam menyikapi deviasi-deviasi di dalam sistem normatif itu. bukan memberi afirmasi, melainkan apa yang bisa saya perbuat untuk memperbaikinya? saya tidak punya power.
    yang saya lakukan akhirnya hanya berusaha melupakan dan menghindari orang-orang dari masa lalu. saya hanya bisa melalukan itu karena saya masih punya banyak tanggungan. saya nggak boleh berhenti di sini. saya harus tetap hidup. saya harus bisa jadi orang. bukan untuk membalas kekalahan, melainkan untuk membuktikan bahwa tuhan tidak pernah lalai memelihara saya dan keluarga saya. tuhan tidak pernah kalah melawan begundal setan.

  74. Dear Alanda,
    Saya bersimpati dengan Alanda,yang dengan tegar bisa menjelaskan “kasus” yang dihadapi Ibunda Tercinta. Tetap tabah dan saya lihat teman-teman di Twitter Land, sdg bergerak utk mendukung dan men-support Alanda.

    Salam
    @Rizal2407

  75. There is no justice in this world
    If you think god doesn’t exist

    but you knows it
    God is everywhere

    You are not alone!

  76. Semoga Ibu anda dpt pertolongan dr Allah SWT. Kuat dan tegarlah saudariku. Smg Allah selalu menjaga keluarga anda jg.
    Salam ukhuwah dr NTB.

    Regard,
    MF

  77. kamu.
    kamu bagi saya adalah gadis yang hebat. kamu pasti bisa melewati semua. kamu pasti bisa nggak putus asa. apapun nanti keputusan untuk ibu kamu, kamu harus tetap bersinar. :) kamu punya banyak hal yang tidak saya punya ketika saya berada di dalam kondisi kamu. sayang sekali kalau itu harus lepas hanya karena ‘permainan’ ini.
    ur mom is gonna be okay. just like my father. so is your family :) i believe because my family have gone through this.
    ya, kasus kamu sangat istimewa. kasus skala nasional. menyangkut ibu kamu, which is perempuan. tuntutannya berat sekali 10 tahun. nggak adil kalau saya bandingkan dengan kasus yang saya hadapi lima tahun lalu. tapi, percaya deh, kamu pasti bisa melaluinya, cantik :)
    saya juga perempuan seperti kamu. saya yakin kamu bisa melewatinya lebih baik daripada saya.
    fighting !!! :)

  78. assalamualaikum Alanda Kariza

    atas nama ibu saya, saya mendoakan ibu kamu agar terlepas dari fitnah2 yg diterimanya, mungkin saya tidak bisa membantu dengan yang lain, tp insyaAllah saya bantu do’a .

    sabar dan terus berdo’a ya .
    Allah beserta jajaran Malaikat tidak pernah tidur.

    Innallaha ma’asshobirin :)

  79. saat hukum bisa dibeli, saat kebenaran tak diakui..

    sebuah cerita yang membuat merinding bulu kuduk saya..sungguh ironis..

    semoga keluarga diberi ketabahan…

    GBU

  80. very flattered by this writing. hope the best for your family! do not give up on indonesia! we need a person like you!

  81. Cerita ini sangat menyesakkan dada saya, sebagai anak bangsa. Hukum dipermainkan untuk kepentingan sekelompok orang. Banyak orang yang melek hukum melanggar hukum.
    Mereka bermain-main dengan kehidupan orang lain dan nasib orang lain tanpa berpikir bahwa yang menjadi korban adalah anak bangsa ini.
    Nestapa bangsaku, nestapa teman-teman yang lurus.
    Saya prihatin den bersimpati dengan Alanda dan keluarga.
    Cerita hampir serupa kami alami, saat saya belum lagi beranjak remaja. The Bread Winner was accused and jailed just being honest and naive. Time will tell us honestly.

    Saya menatap ketegaran itu ada.
    Salam dari Utrecht

  82. Aku sangat senang dengan tulisanmu Alana… JikA memang ini satu2nya cara untuk membangunkan Indonesia dari keterpurukan moral hukum dan nilai2 keadilan, mari lakukan terus…
    Aku berharap segala sesuatu akan berjalan dengan baik menurut pandangan dan rencana TUHAN! TUHAN selalu besertamu dan keluargamu…

    Please follow me on twitter… :)

  83. .i was speechless when i read this note.. Smoga ALLAH SWT memberikan kekuatan dan ketabahan untuk ibu km dan menghukum org yg bnar” bersalah… amin.
    D hukum dunia ‘kalian2″ bs bebas. Tp ingat msh ada hukum akhirat.!!

  84. Be strong lady.. Allah tau smua, apa yg blum sempat terucap pun Allah maha tahu..
    keep healthy lady.. Supaya lebih kuat dan terlihat kuat untuk ibu.. Smua pasti ada jalan keluarnya.. Percaya pd Allah..
    Mgkn saya tdk bs membantu apa2.. Hanya do’a, do’a, dan do’a untukmu, ibu, papa, 2 adikmu, dan seluruh klgmu..
    Smoga keadilan cepat kamu dapatkan, segera stelah berita ini kamu posting..
    Keep on prayers dear, Allah will be with you and your family..

  85. Yg sabar ya buat keluarga Alanda, khusus nya kepada Alanda.
    Mgkn saat ini keluaga Alanda sedang diuji ama Allah.
    Hukum kita emg *agak* bermasalah.
    Org2 yg ber’nama’ dan ber’uang pasti bakalan menang dari orang biasa.
    Semoga Allah yg akan membalas bagi mereka2 yg mempermainkan hukum.
    Ingat, masih ada Allah kita yg melihat semua nya.
    Surga itu ada bagi mereka yg baik, dan neraka itu ada buat mereka yg jahat.
    Be patient, Alanda. I just hope, God bless your family from ‘Mafia hukum’.
    :’)

  86. Air mata ku berlinang tanpa henti membaca artikel ini, be strong…, God never sleep…

  87. :'( I don’t know hot it feels, but I know it hurts. Stay strong, God will help you and we’ll all pray for you. You don’t need 10 years just to see her again, it’ll be soon dear, amin.

  88. amin, neng..!
    salam buat mamah tercinta..
    dukungan penuh dari gua, buat orang² yang teraniaya.. insyaAllah, doanya super manjur!

    semangat terus, neng!

  89. Alanda, tabah ya. Saya yakin kebenaran pasti akan terkuak dan saya akan tetap mendoakan yang terbaik buatmu dan keluarga. Salam hormat saya buat Bapak dan Ibumu.

  90. Semangat buat Alanda Kariza, Allah gk akan pernah memberikan cobaan yang berat buat hambanya , mungkin ini hanya sebuah perjalan hidup . selalu berdoa dan bertawakal ,,

    kelak suatu saat apayang kamu inginkan pasti akan tercapai ..

    tetap semangat buat Alanda Kariza jaga selalu Ibunda,ayah,dan adikmu ^_^

  91. Dear Alanda, membaca musibah yang terjadi dng ibunda Alanda, adalah hal yang sedang dialami oleh salah satu kerabat dekat saya. Kasus BNI…., dan kerabat saya dihukum 15 tahun untuk kejahatan yang tidak pernah dia lakukan. Kerabat saya, ibunda Alanda, hanyalah korban permainan politik, dan peradilan, uang yang berbicara. Saya berharap, ibunda Alanda akan mendapat keringanan dengan pembelaannya. Jangan seperti apa yang dialami oleh kerabat saya, hanya karena dia tidak mempunyai uang untuk membayar polisi, praktisi pengadilan, dan para politikus kotor, dialah yang menjadi tumbalnya.

  92. oh, baru tuntutan.
    kirain udah putusan.

    yang sabar ya, nduk. kalo ngerasa putusan sekarang gak adil, nanti kan masih bisa banding.

  93. I’m sorry with those unfair judgement, sepertinya keadilan hukum menjadi barang langka di negeri tercinta ini, mafia hukum walaupun diberitakan sedang diusut, tapi tetap saja masih meraja lela. Keadilan bisa dibeli dengan uang, Naudzubillah. Semoga ketabahan disematkan olehNya pada semua anggota keluarga yang tidak mendapatkan keadilan. Percayalah Tuhan Maha Adil, di dunia memang terjadi kebobrokan keadilan, tetapi akan datang suatu hari dimana manusia tidak bisa lari dan mungkir dari kebenaran sejati. Dimana Tuhanlah yang akan mengadili kita semua. Tetaplah berfikir positif, ini hanya cobaan, semoga bisa dilalui dengan penuh kesabaran yg sekarang terasa pahit, mudah2an kelak akan berbuah manis. Selalu ada sisi baik dari setiap hal. Berfikir positif dan fokus,, percayalah Tuhan pasti akan membantu hambanya yang meminta pertolongan padaNya.

  94. Demi apapun juga, hukum di Indonesia sangat menjijikkan. Semoga keadilan menyertaimu

  95. Subhanallah yang sabar iah..
    Maaf tidak bisa membantu,hanya bisa berdoa buat ibu saja..
    Memang indonesia inih bener” terpuruk bgd mental orang”nya..dah pada gila harta,jalan apapun diraih buat dpt uang haram juga..
    Sayapun menyesal knp saya menjadi org indonesia klo tau cm menang di alam doank,tapi tidak untuk orang”nya..
    Skrg tuh di indonesia ada uang ia berjaya..
    Sabar berpuluh-puluh ribu sabar iah :)
    *big hugs*

  96. Alanda, sabar ya sayang! Allah pasti punya maksud yang baik terhadap mama, memang tante Syanti tau bicara ini gampang, tapi hanya Allah yg Maha Kuasa tempat kita bergantung, kita terus doa buat mama ya nak! Allah adalah hakim yg Maha Adil, dan kehidupan di akherat adalah kehidupan yg abadi, biar kan Allah Subhanahu wa ta’ala yang membalas orang2 yang dzalim itu. Yang penting Alanda harus tetap kuat supaya mama juga tambah kuat. Peluk dan cium tante. (Tante adalah sahabat mama mu dr kecil)

  97. hey , i feel so sorry for u .
    i pray for ur mother .
    gue doain dri sini .
    cmn ini yg bsa gue bantu karna skrg gue ga d indo :)
    smngat dan brjuang trs ya :)
    hope i can read ur book , but i even can’t buy it .
    :)

  98. Assalamualaykum…sebelumnya…salam kenal dari saya,
    Salim,karyawan swasta, di banjarmasin…saya hanya bisa mendoakan
    Supaya adik tetap tabah, semoga adik alanda diberikan kesabaran oleh AllAllah SWT, inget dik, tidak ada masalah yang tidak terselesaikan,sebesar apapun! Saya yakin adik alamda akan menjadi orang yg sukses! Jangan putus berdoa kepada Allah ya dik,wassalam…

  99. Berdoa Lebih Serius,
    Allah SWT lebih dekat dari apapun yang terlihat bahkan belum terfikirkan.
    Mudah2an Ibunya Dapat vonis yang ringan, bahkan bebas
    semoga Allah menggoyahkan keyakinan hakim, karena keputusan hanya bisa dijatuhkan dengan minimal 2 alat bukti yang sah dan keyakinan hakim :)
    Ya Allah, Tolonglah saudaraku ini, mama dan keluarganya :)

  100. Dear Alanda, I may not know your Mom, but she seems like a very lovely person. I know she is. Gw jg salah satu org yg deket & sayang bgt sama Ibu. Gw tau betapa berartinya kehadiran beliau dlm kehidupan kita. Jadi gw -jujur- gak bisa merasakan yg lo alami. Pasti dunia spt terbalik. Rasanya hidup gk ada artinya lagi. Gw gk tau apa lg yg bs gw bantu selain doa. Gw percaya segala sst yg niatnya baik, insya allah akan dimudahkan. Memang sulit berharap lbh bnyk lagi dr negeri ini, tp gw ck berdoa yg terbaik utk lo dan keluarga lo. Semoga smw bs bersama lg, suatu kebahagiaan kecil yang berarti begitu besar. My prayer’s with you, Alanda. x

  101. SBY & perangkat hukumnya semakin menjijikan.. Smg ada keadilan buat Ibunda dan anda sekeluarga. Yakinlah, ALLAh tidak pernah tidur dan ssghnya ALLAH sdg memuliakan orang yg dizalimi dan mengijabah stp do’a2. Insya ALLAH.

  102. Setelah membaca status tsb, tanggapan sy :
    1.Sbg s’orang anak, sdh mnjadikan kewajiban, Alanda, mmberikan support kpd Ibux yg lg dirundung masalah. Apalagi ini bkn kasus sepele.. Perhatian Alanda tentu tercurah sepenuhx ‘tuk Ibunda tercint…a…… Alanda.. teruslah brjuang & brdo’a mminta prlindungan-Nya… Amien.

    2.Kasus bailout Bank Century (BC) bkn perkara korupsi biasa. Ini melibatkan 6,7 Triliun uang Negara serta mngorbankan ribuan nasabah BC. Siapa pun yg trbukti terlibat didalamx hrs mndapat ganjaran yg setimpal.

    3.Korupsi = merugikan Uang Negara, melibatkan pejabat tertentu, mnguntungkan seseorang atau kelompok trtentu.. Korupsi akan selalu melibatkn beberapa org, mengingat Jabatan brkaitan erat dgn system. Tegasx, seorang Pejabat akan sulit korupsi jk tdk dibantu Staf dibawahx. Dan biasax, kita baru menyadari bahwa perbuatan itu adlah tindakan melawan hukum kalau sdh duduk di kursi pesakitan.

    4.Kebenaran bahwa Arga Tirta Kirana (Ibu Alanda) hanyalah org kecil yg dikorbankan sang Big Boss, Robert Tantular, pada waktux akan terungkap. Setidaknya, pasca Hari Kiamat nanti.. Insya Allah.

    5.Testimoni Alanda atas kterlibatan ibux tdk bisa dijadikn dasar utk mengatakan “telah terjadi ketidakadilan”, sebab Alanda bkn org yg trlibat scr langsung dlm perkara.. Hanya Ibu Alanda lah yg tahu apa sbenarx yg tlah trjadi.. Kalau pun pengakuan Alanda benar, –sesuai pengakuan Ibunya– , sy percaya Majelis Hakim akan menimbangx sbg hal yg meringankan vonis. ..Insya Allah.

    6.Tuntutan 10 thn penjara plus denda 10 Miliyar dr Jaksa (JPU), hanya mnggambarkn bahwa Arga Tirta Kirana mmg trlibat secara serius dlm perkara bailout BC. Meski bgt, vonis Hakim bisa berkata lain. Bisa jadi kurang dr 10 thn, mungkin jg bebas dr segala tuntutan. Tp tdk menutup kemungkinan jg, vonis melebihi dr tuntutan Jaksa. Semua trgantung penilaian Majelis Hakim di Pengadilan.

    7.Semoga kisah Alanda, dapat membuka mata hati kita – khususx anak2 pejabat–, agar lebih responsive jika merasakan, mendengar atau melihat hal2 “aneh” yg dilakukan orang tua kita di kantor & diduga akan merugikan org banyak (Negara)…

  103. Di dalam negara bar-bar, kita hanya bisa mengadu dan berdoa kepada Tuhan. Hanya Tuhan yg dapat disebut Hakim Agung.

    Tetaplah semangat saudaraku. Tetaplah berkarya lebih dari sebelumnya. Ini hanyalah kerikil dalam hidup.

    Badai pasti berlalu….
    Mimpimu ada di balik awan, yg akan hadir dikawal dengan megah oleh pelangi indah ciptaan Tuhan. Semua rakyat akan menikmatinya, bukan hanya ibu-papamu dan adik2mu. Seluruh ummat!

    God bless Indonesia.

    Fritz

  104. sabar ya mbak.Allah menguji semua manusia. Walaupun memenag berat, Allah sudah mengukur. Keluarga kamu pasti kuat dan Allah akan memberi jalan keluar. Mungkin dalam bentuk lain yang berbeda dengan keinginan kamu. Tapi Allah pasti tidak tinggal diam..

  105. Alanda, personally I feel really sorry with what happened to your family. Mungkin klasik, tapi saya hanya bisa membantu lewat doa dari Wisconsin. Ayah saya seorang PNS untuk keuangan Dan Pembangunan, beliau juga kehilangan jabatannya karena tuduhan penyelewengan Dana, yang menurut saya pribadi juga nonsense. But apparently this is how our country works, which is really pathetic. Do not feel alone, I’m sure there will be the best way for all of your problems :)

  106. Seperti syair lagu “andai aq gayus tambunan” “….lucunya di negri ini huluman bs dibeli…

  107. I was touched with your real story, and i’ve been praying too for your mom. Be patient, dear :)

  108. I know what your feel
    I just wanna say
    keept spirit..

    “BADAI PASTI BERLALU”

  109. may mercy be upon your family and your mom especially. god speed. it is sad to know such a case, whilst we know this is not the only one.

  110. memang sudah begini wajah hukum dinegeri ini. keadilan itu termakan oleh kepentingan2 kelompok tertentu. sudah menjadi rahasia umum kalau rahasia century terbongkar akan menyeret pejabat2 papan atas negeri ini.

    semoga masih ada secuil titik keadilan,walaupun sepertinya mustahil di negeri kita ini.

    saya doakan semoga ibu anda mendapat keadilan dan terbebas dari masalah ini.

  111. tabah dan sabar alanda….mungkin ini ujian…yg jelas kebenaran pasti terungkap..keadilan sesungguhnya akan datang dari Allah SWT. yg sabar ..

  112. slalu berdoa ya say..dgn doa Insya4JJ1 smua bjalan dengan baek.Allah tidak tidur kalian psti bisa melewatinya.

  113. yang sabar ya alanda, pasti rasanya berat bagi qmu menghadapi semua ini, apalagi yang terkena masalah adalah ibu qmu, orang yang paling qmu sayangi dan yang paling menyayangi qmu, Tuhan tidak tidur alanda,pasti akan ada jalan yg terbaik untuk mu, berdoa terus buat ibu mu…semangat teman,qmu harus bisa menguatkan ibu dan keluargamu

  114. sabar alanda….
    teruslah berdoa untuk ibu…
    kita semua tahu di indonesia uang bisa berbuat apa saja… termasuk membeli hukum…
    serahkan semuanya kepada ALLAH…
    biar ALLAH yang akan memberi hukuman bagi mereka yang curang…
    karena hukumnya lah yang seadil2nya hukum…
    terus lah berdoa.,, doakan ibu agar sabar,, mampu,, menjalani itu semua….
    mudah2an
    saya juga akan mendoakan bagi alanda sekeluarga…

  115. sabar ya. Tuhan ga akan ngasih cobaan diluar batas kemampuan kita.. pasti bisa kita lewati, asal sabar dan ikhlas..
    percaya kalau yang benar itu pasti menang!

  116. Hang on Alanda, Bu Arga and fam… Truth never loss…!
    Find good lawyer with brain, heart and faith; pray and
    let God do the rest..

  117. sy baca blogx…pengen nangis,alanda yg sabar y pasti mama bisa bebas.
    walopn negara kita sdh buta tp Tuhan itu ga buta n sangat adil..yg sabar n bnyk doa y.
    God Bless u

  118. …tidak ada pencobaan yg melebihi kekuatanmu.. Justru emas akan semakin murni saat dipanaskan.. Dan Parang akan semakin tajam apabila ditempa dan dikikis…
    …saat tak ada seorangpun yg dapat mengerti keadaanmu, there’s someone who cares.. God! Dia cuma sejauh lutut dan lantai.. Sejauh mana kamu bisa berlutut dan b’doa… So, Dia hanya sejauh DOA…

    Kasih ibu memang sepanjang masa, tapi Kasih Tuhan, tak berkesudahan…

    Waktu tdk bs diputar kembali,. Tatap hari esok penuh harapan… “KECUALI KAMU MELUPAKAN PERTOLONGAN TUHAN PADA WAKTU LALU, KAMU PERLU KUATIR AKAN HARI ESOK..”

    Do the best, and let God do the rest…

    Keep in touch with Him..

  119. Kadang seseorang tidak dapat menduga apa yang akan kita alami di masa depan dan ga ada satu pun yang tahu termasuk ibu mu, saya dan kamu. Kebobrokan hukum di negara ini sudah terlihat jelas, banyak yang bersalah jd benar dan banyak yang benar jd bersalah. Ini emank ga adil.

    Tapi ingat akan satu hal, karena kita sbg pemuda pemudi Indonesia tidak ingin terulang spt ini lg di masa depan bahkan ke anak cucu kita, maka sebaiknya kita sbg pemuda pemudi Indonesia merubah semua ini. Kita hancurkan generasi2 perusak bangsa dan moral bangsa, Hancurkan sistem hukum dan pemerintahkan yang semakin kacau, ganti dengan orang2 yang kompeten. Siapakah yang kompeten itu?generasi pemuda pemudi pintar seperti salah satunya kamu. Teruslah berprestasi Alanda, Insyaallah suatu saat kita ketemu bersama dalam proyek memperbaiki Indonesia di masa yang akan datang bersama pemuda pemudi lain di Indonesia :)

  120. Setelah kubaca dan saya cermati, saya sungguh prihatin atas kejadian yang di alami Ibu Alanda. Sabar, tawaqal dan selalu memohon perlindungan pada Allah SWT adalah jalan yang terbaik buat Alanda. Yakinlah atas pertolongan Allah SWT, suatu saat pasti kan terungkap, siapa yang benar dan siapa yang salah……

  121. Read with respect – Yang benar (Haq) akan mengalahkan yang salah (Bathil). Doa kami menyertai Ibundamu, semoga selalu tegar dan tabah menghadapi ujina hidup ini. Dan Alanda juga tetap tabah dan sukses selalu, amien Ya Rabbal ‘Alamien.
    Wassalam

  122. Alanda Kariza, aku tau kamu pasti sedih karena ga bisa ketemu ibu & berkumpul dgn keluarga. Semoga saja Ibu kamu bisa lepas dari tuntutan hukumnya jikalau dia memang tidak bersalah, tapi kalau dia memang bersalah semoga Tuhan mengampuni & menolong beliau.

    Mgkn sebaiknya sekarang ini kamu fokus ama sekolah & hal lainnya, jgn terlalu berlarut2 sedihnya. Dan jgn lupa bersyukur untuk semua yg kamu terima sampai saat ini. Karena aku ngelihat sepertinya hidup kamu masih berkecukupan karena ada rumah, mobil, pembantu, bisa makan pizza, dll termasuk masih ada kedua orang tua. Aku jadi ngebayangin mereka yang harus tidur dijalan, kehujanan, makan dari mengais-ngais sampah bahkan ga bisa sekolah termasuk yang sudah tidak punya orang tua. Jadi pakailah waktumu yg sekarang sebaik2nya demi masa depan & sayangilah kedua orang tuamu sebanyak yg kamu mampu ya.

  123. Allah SWT tidak pernah tidur, dan Allah SWT tidak pernah memberikan cobaan, yang tidak sanggup di jalankan oleh ciptaannya… Terus lah berdoa dan berzikir, dan yg terutama jauhkanlah apa yg sudah di haramkan oleh-Nya.

  124. sabar ya..
    sy bs mengerti apa yg km rasakan.
    sy jg bukan orang ekonomi, & bukan orang hukum..tp ketidakadilan yg terjadi bs timbul dmn2…
    sy yakin ada jln kluarnya..
    Tuhan ga bkl biarin cobaan yg kita hadapi melebihi kemampuan kita…

  125. asli, baca tulisan ini bikin gw semakin sadar, betapa butanya hukum di negeri ini. Betapa brengseknya para penegak hukum di negeri ini.

    Jangan patah semangat ya alanda, tuhan tidak pernah tidur dia tahu mana yang terbaik.

  126. Our Dear Alanda Kariza,

    Teruslah berharap dengan berdoa dan berdoa dan berdoa… Jangan pernah menyerah dan jangan pernah kecewa dengan negeri kita tercinta ini…
    Harapan akan selalu ada selama hati kita selalu yakin bahwa ada keajaiban-keajaiban untuk orang-orang yang tekun dalam berharap.

    Alanda sayang,
    Teruslah berkarya meski Ibu jauh dalam pelukanmu dalam pandanganmu dalam cintamu dalam kasihmu. Tante Rani mengerti betapa kamu ingin sekali berada dalam pelukan Ibu, dalam pandangan cinta Ibu, dalam kasih sayang Ibu. Yakinlah Nak, setiap nafas Ibu selalu berhembus doa untuk kekuatan Ibu, permohonan Ibu kepada Allah Yang Maha Adil agar selalu diberikan kesempatan untuk selalu bersamamu dan adik-adik dan Ayahmu.

    Alanda sayang,
    Tak kuasa Tante Rani menitikkan airmata ini untuk kerisauanmu kegundahanmu kesedihanmu dan amarahmu atas ketidak adilan untuk Ibu, Tante Ranipun hanya bisa mengirimkan doa untukmu dan keluarga dan untuk Ibu. Tante Rani sangat berharap kamu tetap kuat dan semakin kuat. Be the one who struggle for your Mom. She need your strength, your dream, your tears, your smile, your love, your passion, your present, your days, your voice, your future… everything Dear… Believe with the HOPE… Believe with the miracle…

    Love you,
    Rani Hamid

  127. Dear Alanda,

    I met your Mom last night, she is a remarkable lady. Turut prihatin atas peristiwa yang dialami Ibu, dan berdoa semoga Allah SWT selalu memberi kekuatan kepada Ibu, Papa, Alanda dan seluruh keluarga, amiiin.

    Yakini Allah SWT tidak akan memberi cobaan melebih kekuatan umatNYA.

  128. Be strong Alanda. Even if your mother loses in the court, I know she will win in the court of Allah… The Indonesian court – or whatever court in the world, for this matter – is nothing compared to the court of Allah. HE knows and we have to acknowledge this…accept this… Remember the saying ‘those who laugh last, laugh the loudest’

    Many people are praying with you, with your mother – for you and for your mother… Insya Allah everything will be just fine…Ameen yaa Rabb…

  129. bersabar dan banyak berdoa ya,,,,
    insyallah,, keadilan akan datang buat ibu kamu,,,,,,,

    dan untuk kmu,,, trus berjuang buat msa dpan kamu,,,, lanjutkan mimpimu buat slalu ibu kamu bangga,,,,,,,,,,,,

    salam,,,,

  130. Saya tidak bisa bilang supaya kamu bisa tabah, karena mungkin jika saya ada di posisi kamu saya juga tidak bisa tabah.

    Tapi satu hal yang pasti … Tuhan tidak pernah tidur. You just have to do the best for your mom, and God will take care the rest

  131. Tegar nda..,you’ve got to face it nda..itulah hukum di negara tercinta ini..PAHIT..BUSUK!!!
    jangan pernah berkecil hati, meski sulit dan berat utk menerima keTIDAK-ADILan ini. Kamu puteri sulung..,(tanpa bermaksud menggurui kamu..)tunjukan ketegaran hati kamu dihadapan adik2x..seandainya kamu ingin menangis..menangislah..tapi jgn di depan adik2x ya..,disaat sulit yg ibu alami, mereka butuh sosok pengganti ibu..saya akan berdoa utk kamu…

  132. Sabar sist,
    Itulah dunia, kadang kita merasa nyaman dan kesenangan itu pergi tanpa perintah.
    rodapun berputar kadang dibawah kadang diatas malah lebih tragis hilang kendali berputar keluar dari porosnya.

    Semoga bisa melewati segala cobaan dan selalu dikuatkan hati kita.

  133. semoga ibu alanda mendapatkan berkah dr semua cobaan ini. saya support dl bentuk doa 100% dan sukses utk karir alanda yah. salam utk semua (papa dan adik)

  134. My support for your mother, your family & your bravery to express your opinion about the legal system in this country …

    Saya juga merasakan banyak ketidakadilan di negeri ini & menurut saya keadilan itu hanya hak bagi warga negara yg punya uang. Saya setuju sekali, oleh karena itu saya pun memilih untuk berkarya di tempat lain & lebih memilih untuk meninggalkan rasa nasionalisme krn tidak ada manfaatnya SAMA SEKALI. I am not proud to be Indonesian.

    Saya tidak bisa membantu banyak namun saya memberikan doa & dukungan untuk Alanda & keluarga, semoga diberi ketabahan, kekuatan & keberanian untuk menghadapi cobaan ini. God bless you.

  135. Alanda….I always support your action!
    BE TOUGH & NEVER GIVE UP dear…..

  136. Memang kita hidup di negara yg sdh keblinger, hukum hanya tegas keras utk orang2 kecil dan lemah dan letoy untuk orang2 besar. Sekarang segala sesuatu pake hukum Karma Pala saja, kita lapor penegak hukum jg malah ngga menyelesaikan mslh malah sengsara. Hilang ayam jadi hilang Sapi

  137. Saya dr Ponti, keluarga yg sederhana asal bahagia. Walau begitu, Bnyk mimpi yg sm hanya untuk Indonesia, berharap Indonesia dapat menjadi Negara yg terkenal dan terpandang.
    Semoga doa dan dukungan saya dapat membantu.

  138. insya Allah sy mendoakan dan mendukung,semoga ibunda anda terbebas….
    ”jgn menyerah”

  139. Ibu ku sayang.. begitu besar pengorbananmu padaku.. tidak ada satu hal pun yang bisa diberikan untuk membalas semua jasamu selain dari doa seorang anak yang begitu mencintai ibunya… semoga ibu selalu diberikan ketabahan serta kekuatan untuk menghadapi cobaan sebagai tanda kasih sayang ALLAH kepada hambanya yang dicintainya,, amin ya robbal alamin.
    massage for my dearest friend alanda hoping for the best for you and family. Amin.

  140. Sabar,Yakin dan se Yakin2nya Bahwa Allah akan pasti membantu umatnya yg sedang di fitnah dan dinista dan ICHLAS menerima cobaan tsb,Yakinlah akan pertolongan Allah SWT. yg penting kita selaku umatnya tetap bermunajat padaNya jgn lalaii dlm melaksanakan perintahnya.percayalah di Bumi Indonesia ini kita hanya padaNyalah bisa meminta keadilan,

  141. kamu benar soal ketidak adilan negara ini, tapi ibu kamu tetap salah satu penjahatny… fu

  142. Saya ada ulasan tentang Alanda di Kompasiana. Kalau sempat tolong dibaca ya?

  143. Alanda, you are very special. I don’t know you ( at least up to now ) but I can really feel what you feel. I am now 64 , but there was also a time when I was as old as you are now, having dreams like yours, and having a wonderful mom who’s always been a shelter to me when I came to hard times. For you Alanda, good luck, reach your dreams, and may ALLAH SWT always be by your site, and help your mom, give her strength, give her courage , to go and walk through the nasty paths of our “beloved” country Indonesia, safely1. I love you Alanda

  144. di negeri yang (konon)berdasarkan hukum, ternyata keadilan tidak cukup diperjuangkan…mesti di-kais juga…bravo Alanda..kamu telah membanggakan Ibumu..semoga Tuhan baca “pengaduanmu”

  145. Saya juga ingin Ibunya Alanda segera dibebaskan dari beban hukuman yg sangat tidak adil itu.
    Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui, Maha Melihat, dan Maha Bijaksana.
    Tunjukanlah Kekuasaan dan Ke Maha AdilanMu pada orang-orang yang telah menzhalimi sesamanya.
    Lepaskanlah keluarga saudara kami ini fitnah dan hukuman yang tidak adil apalagi benar.
    Ananda Alanda mohon kesabarannya dalam berusaha dan berdoa, sesungguhnya Allah tidak akan membebani kita dengan cobaan yang diluar kesanggupan kita sebagai umatnya yang sholeh dan sholehah.
    Sesungguhnya doa anak sholeh sangat dekat dan mudah di ‘ijabah (dikabulkan) oleh Allah.
    Maka mohon kiranya jangan pernah berputus asa atas rahmat Allah, ketahuilah semakin berat ujian yang ditangguhkan Allah kepada kita, maka semakin besar ganjaran pahala dan kemudahan yang dijanjikan Allah.
    Selama kita tegolong orang yang Taqwa lagi Sabar.
    Banyaklah mendekatkan diri kepada Allah, bakti kepada ayah dan adik2 dirumah. Dan belajar dengan baik.
    Jika boleh saling mengingatkan, sangat baik juga jika kita memperbanyak ibadah dan zikir memohon ampunan, bantuan dan petunjuk hanya kepada-Nya.
    Laa illaha’illa anta subhanaka inni.. Kuntum minazholimin.. Astaghfirullah..

    Will do anything I can to help you dear, if only God permit.. ?????????? ??? ????? ???????????

  146. Alanda…,
    inilah bentuk negara kita,dimana setiap warga negara di lindungi oleh undang undang bagi yang memiliki uang dan kekuasaan. Bagaimana dgn yang tidak mempunyai uang..??? Sudah banyak contoh..,salah satunya adalah yang sedang dialami ibu. “cari kambing hitam..!!”adalah hal yang biasa dilakukan oleh orang2 yang berkuasa di negeri ini..,bisakah kita melawannya jawabannya Jelas..TIDAK..!! Adakah pejabat negeri kita yg ingin hidupnya Melarat..??? TIDAK ADA..Punyakah negeri ini pejabat yg bermental Adil,Bijak…?? TIDAK ADA..Semua akan bermuara pada “Berapa….?? Berpikirkah mereka apabila kasus kambing hitam bisa juga menerpa diri mereka..?? TIDAK..karena prinsip yang mereka anut adalah AJI MUMPUNG dimana ajian yang satu ini memang sangat efektif bila di terapkan saat mereka menjabat. Klo memang Birokrasi negeri ini sdh sedemikian bobroknya..,Alanda.,sbgai org yg beragama mari kita serahkan permasalahan ini kepada pemilik semua ini yaitu ALLAH SWT,pasrahkan dan kembalikan semua padaNYA..,mari kita berdo’a bersama demi perjuangan Alanda untuk ibu.,kami akan berdoa bagimu.,Insha Allah hukumNYA adalah hukum tertinggi yang belum pernah bisa di capai oleh manusia seperti kita.

  147. Sungguh terharu sampai saya menitik kan air mata, meskipun saya tidak tahu siapa kamu tetapi saya bangga akan kecintaan dan kebaktian mu kepada ibumu. kebetulan tadi siang saya melihat kamu di TV, jadi bisa liat langsung profile seorang alanda. berdoa terus buat ibumu ya Dik, smoga saja TUHAN yg maha Esa memberi jalan yg terang buat orang yg tidak bersalah. AMin….

    warm rgds
    Aeni
    BATAM

  148. Allah tak pernah lalai dan tertidur dalam menjaga umat-Nya dan pengadilan-Nya lah adalah yang seadil-adilnya…Keep the Faith !

  149. saya turut prihatin atas kasus yang menimpa ibu saudara, saya harap saudara bisa bersabar, dan perlu saudara ingat TUHAN TIDAK TIDUR kawan..

  150. Dearest,

    Turut prihatin atas kejadian ini, teriring do’a smg smua ada berkah dr Allah SWT / Tuhan YME, amin…

    Sedikit kata dr saya : Jangan Menyerah !!!
    Tetap perjuangkan jikalau memang itu BENAR adanya, yg pasti “Niat, Usaha, Ikhtiar & Do’a” akan membuahkan hasil walau butuh waktu & proses.
    Insya Allah hasil akhirnya nanti akan seperti apa yg kita smua cita2kan.
    Yakinlah Allah SWT / Tuhan YME, akan tetap bersama orang2 yg BENAR, dan yg BATHIL (SALAH) itu pasti akan hancur.

    Rgds,

  151. turut prihatin ya.. aku memang ga kenal kamu.cuman aku tau gimana hukum di Indonesia ini… miris banget
    dulu kakek ku pernah bilang “SURGA ITU KALO KAMU KETEMU CEWE CANTIK, NERAKA ITU KALO KAMU URUSAN SAMA HUKUM DI INDONESIA” kurasa kali ini kakek ku bener 100 % CMIIW… semoga di beri kesabaran,saran saya naikkan aja ke media cetak,surat pembaca dll. galang dukungan supaya hukum ga tebang pilih.. maju teruss !!!

  152. Kekuatan FreeMason Yahudi bermain di balik masalah Bank Century dll.?
    Semua orang sepertinya berusaha untuk saling menutupi agar kedok anggota mafia FreeMason utamanya tidak sampai terbongkar.
    Jika memang benar demikian, maka tidak akan ada yang bisa menangkap dan mengadili Gembong tersebut -di dunia ini- selain Mahkamah Khilafah!
    Mari Bersatu, tegakkan Khilafah!
    Mari hancurkan Sistem Jahiliyah dan terapkan Sistem Islam, mulai dari keluarga kita sendiri!

    Be Strong to Protect your Family, A.K.

  153. harus banyak bersabar & selalu berdoa karena allah sebaik-baik pelindung,,
    bersama kesusahan pasti ada jalan keluar……

  154. jaksa,hakim semua manusia biasa,hakim yang paling agung,paling mulia dan yang maha adil hanyalah Allah swt,jika di dunia ini kita tidak mendapatkan keadilan,biarlah nanti Allah Swt yang menentukan..di akherat kita akan mendapatkan keadilan yang sebenar2nya..untuk jaksa,hakim dan lain2 jadilah orng2 yang jujur dan amanah,hukum orang yang salah dan jangan hukum orang yang tidak bersalah..kalian bertanggung jawab sama Allah swt,kelak di yaumil maksar engkaupun akan diadili..untuk adik Alanda Kariza,Allah Selalu bersama orang2 yg sabar..Insya Allah kebenaran akan menang melawan kejahatan.

  155. sabar,yak…….semua bakal kembali ceria….kebenaran bakal terungkap….

  156. Dear Alanda
    Kadang kehidupan tidak pernah bersahabat dengan kita. Saya salut Alanda masih memiliki kekuatan dan ketabahan. Sabar… suatu saat “yang benar” akan menang.

  157. sabar ya…
    aku tau rasanya seperti apa..
    banyak doa yaa,minta pencerahan sama Tuhan
    dan aku doain ibu kamu bebas dari belenggu ketidak adilan itu..
    AMIEN

  158. Saya turut bersedih atas kejadian yang menimpa ibu Anda, dan saya berdoa agar hukum di Indonesia boleh ditegakkan, karena hukum di negara ini sudah tidak dapat diandalkan lagi.

  159. sabar dan ikhlas adalah senjata ampuh buatmu Alanda, saya setuju dgn apa yg kamu ungkapkan diatas, teruslah berjuang, kami teman-temanmu dari Bali senantiasa akan memanjatkan doa buat ibu khususnya yg sedang terbelit masalah dan buat keluarga Alanda semoga diberi ketabahan dalam menjalani cobaan hidup ini, Tuhan Maha Besar, Maha Agung, Maha Kuasa dan Maha Segalanya, teruslah mohon kepada NYA agar diberikan jalan yang terang….

  160. “Tabahin hati kamu biar sesedih apapun, semoga do’amu menjadi nyata.”

  161. Assalamualaykum warahmatullah,
    ikut mendoakan untuk anda,
    bersyukurlah bahwa anda masih diberi kekuatan oleh Sang Pemilik Jiwa dan Ruh Manusia…
    Kekuatan untuk tetap berharap, kekuatan untuk meminta dukungan, dan di sisi lain dikaruniai dengan kekuatan untuk tetap melihat secara kritis..

    Bersyukurlah anda masih bisa melihat beliau kuat n tersenyum untuk anda …walau dari balik jeruji… karena senyuman seorang ibu yang bangga melihat anaknya adalah berkah… senyuman itu berarti beliau telah ikhlas membukakan pintu surga yang berada di bawah telapak kakinya…. bersyukurlah “Sang Pemilik Jiwa dan Ruh Manusia”, masih memberi dia kesehatan dan kekuatan….untuk melihat anaknya bahagia..
    Karena tidak ada hal yang lebih penting untuk seorang ibu daripada kebahagiaan anaknya…
    (mama kudoakan engkau “disana” tidur nyenyak dan dilapangkan kuburmu….maaf kalau ini untuk ibu saya….)

    Saya tidak mengajak anda untuk hanya bersyukur…. anda harus tetap bergerak karena “diam itu mematikan”….
    tapi mulailah upaya ini dengan syukur yang ada di hati, agar anda bisa melihat ini secara jenih… agar anda tidak ikut2an cara “indondeso”….tapi “indonesia” yang dulu anda cintai, bukan indondeso yang sekarang anda benci…

    Jangan pernah ragu, apabila logika dan hati anda mengatakan lakukanlah.. maka ucapkan bismillah dan lakukanlah…

    hanya doa dan dukungan yang bisa saya kirimkan buat anda….
    wassalamualaykumwarahmatullah…

  162. semangat ya mbak. mungkin ini cobaan untuk mbak, di balik musibah pasti ada hikmahnya, tetap melakukan yang terbaik, khususnya untuk keluarga , umumnya untuk makhluk hidup lainnya.
    terus berkarya , jangan berhenti berharap, buatlah mbak itu sebagai panah untuk adik2 mbak..
    semangatt hehehehehe

    Lihat blog ya

  163. ya tuhan….tabah kan lah keluwarga alanda menerima semua cobaan.saya yakin kebenaran ada di keluwarga alanda….tuhan akan membukakan mana yang benar…dan yangsalah.ya alloh buka kan lah para jaksa hukum.pintu hati nya…wasalam…

  164. ITULAH INDONESIA NEGARA YANG KATANYA MENJUNUNG TINGGI SUPERMASI HUKUM TAPI SUPERMASI HUKUM UNTUK ORANG ORANG TERTENTU SAJA KARNA ITU KITA ORANG YANG TIDAK MEMILIKI APA APA INI AKAN JADI BULAN BULANAN OLEH PERMAINAN MAFIA DI INDONESIA INI HANYA SATU JALAN UNTUK MEMBERSIHKAN INI SEMUA YAITU REVOLUSI JANGAN MENYERAH SOBAT KAMI DI DEPAN MU MEMBELA SEMUA KEBENARAN INI

  165. Be strong, we pray may God bless you and your mother and family…….

  166. semangat ya sayank?qmu mungkin lebih muda dari aq…pi aq yakin qmu pasti kuat jalanin ini…aq bisa bilang gini karena aq juga ngalamin hal berat gini…karena cow qu juga menjadi tersangka walo dalam kasus berbeda…hanya kita yang bisa menguatkan mereka…dan 1 hal yang pasti…hukum itu harus dibeli…qmu gag akan bisa menang walaupun ibumu tidak bersalah karena qmu tidak menggunakan uang…aq sudah mengalaminya…aq sudah hancur karenanya

  167. saya berdoa buat ibunya alanda, smga kuat mnghadapi ujian itu… yakin saja kebenaran akan terungkap n kebenaran pst menang….

  168. saya memng tidak menganal dan tidak mengikuti kasus ini…
    but. i think what is not possible in Indonesia.??
    so kamu harus kuat,Yang ditas selalu memberikan yang terbaik buat seseorang.
    ini mmbuktikan bahwa Allah sangat mencintai keluarga ini…
    subhanallah…
    kalian sangat bruntung…

    smoga masalah ini tidak LARut.
    dan anda beserta kelurga di beri hasil Akhir yang sangat Luar biasa bagus.
    amienn…
    semangat
    wasslam

  169. Alanda Kariza….
    Bersabarlah dan tetap berdoa, kami slalu mendukung anda.
    maju terus, Tuhan pasti menghukum orang2 yang salah dalam mengambil keputusan tersebut.
    Saya tidak mengerti banyak tentang hukum, tapi dengan membaca tulisan anda, siapapun pasti tidak akan terima ibunya akan diperlakukan tidak adil, namun percayalah semuanya pasti akan terbuka.

  170. semoga sabar dan tabah menjalani cobaan dari yang maha kuasa.
    di mata yang maha kuasa yang benar pasti di tunjukan jalannya
    karena Tuhan tidak akan memberi cobaan di luar kemampuan hambanya di balik cobaan pasti ada hikmah yg tersembunyi saya cuma bisa mendoakan kepada keluarga dan ibu mu agar cobaan ini cepat berlalu…

  171. kmu polos skali nak, hhuffft..
    apapun yg akan jadi hasil akhir nanti, what doesn’t kill you makes you stronger..

  172. hopefully, all problems passed away..
    itulah sulitnya. prestasi di indonesia di bumbui oleh politik. yang kaya akan menang yg miskin tertindas. semangat teman. akan ada pengadilan akhirat yang bebeas dari hal sedemikian rupa.

  173. jangan berhenti berdoa, karena seiring waktu ada yang MAHA ADIL yang akan bicara dan bagi orang-orang yang di dzolimi akan diselamatkan oleh ALLOH SWT. ceritamu, saya alami sendiri sebagai orang yang di dzolimi. semoga ALLOH SWT melindungi umat-Nya yang bertaqwa, aamiin……

  174. sabar yah,,,,,kami pasti sllu mendukungmu & mendoakanmu,, ingat! kebenaran itu pasti akan berakhir dengan kemenangan.

  175. kami atas nama rakyat Indonesia, dengan ini kami akan terus mendukung dan membela saudara kami Arga Tirta Kirana di karenakan kami merasa ada kejanggalan atas kasus yang menimpanya. kami akan terus mendukung saudara kami Arga Tirta Kirana sampai saudara kami Arga Tirta Kirana mendapatkan hak-haknya.

  176. yang sabar, sikapi dengan segala kesabaran,,, saya salut dengan anda…. nanti pasti anda temukan titik terang,, semangat jalani hidup,,,

  177. gilaaa nyentuh banget tulisan’y ampe nangis aq baca’y berjuang terus yaa alanda insyaallah kebenaran di atas segala’y

  178. yang sabar ya kak,,

    semua pasti ada jalan keluarnya…

    kita berdoa saja supaya ibu cepat bebas..

    Amiinnn…..

  179. Yang tabah y alanda. Tuhan maha adil dan senantiasa memberikan yg terbaik bagi umatny. Sy bantu doa. SEMANGAT! ^^

  180. Alanda. Masih ada Allah SWT yang “jauh” lebih tau segalanya. Karena memang Allah Maha Tau. Percayalah bahwa masih sangat banyak orang yang berdoa untuk kebenaran dan keadilan untuk Ibu Anda. Insya Allah.
    Amin.

  181. Mdah-mudahan Alanda Kariza dan keluarga di beri ketabahan dan mendapatkan keadilan yang sebenarnya…

  182. You got friend who read Indonesian in Taiwan. Very touching real life. I wish all you goal can be reached. Pls try to go for FH school. I might able to help a little bit in scholarship if necessary.

    Cheers
    San mei

  183. dear alanda…

    yang sabar ya…
    ujian itu datangnya dari Allah..
    dan akan kembali kepada Allah…
    sabar dan bertawaqqal..
    ini adalah ujian hidup bagi setiap hamba yg Allah tunjuk untuk dinaikan derajatnya..

    Percayallah bahwa..
    Semua pasti akan berakhir.. dan kebenaran akan selalu lahir dalam Kemenangan..

    Bissmillah…
    karena Kamu tidak sendiri..
    Aku merupakan bagian dari ribuan orang yg mendukung dan mensupport kamu..

    tetap semangat ya..

  184. Don’t lose your optimism. Be positive.
    Saya tahu saya tidak mungkin mengatakan ‘I know how you feel’. Kind of cliche, don’t you think?
    Saya bangga Indonesia memiliki pemuda seperti kamu.
    I will pray for your mom. Things will be all right hopefully. InshaAllah.

  185. Dear Alanda,

    Saya atas nama keluarga tidak ada yang dapat saya lakukan selain merasa sangat prihatin dengan kasus yang menimpa ibu anda. Saya hanya bisa berdoa semoga kasus ibu anda cepat selesai dan ibu anda bebas dari segala tuntutan karena saya yakin bahwa ibu anda tidak bersalah dalam kasus yang membelit beliau sekarang ini.

    Salam,

    Sony

  186. I really feel sorry for what happened to your mother. I hope you and your family to have the courage and patience to go through everything. Keep up your good work and keep being an inspiration to others.

  187. saya turut bersimpati……… atas musibah yang menimpah anda…….. percaya lah tuhan akan mengangkat derajat orang orang yang di zholimi. dan doa doa orang yang di zholomi sangant mustajab banyak banyak berdoalahh kepada tuhan……

  188. Mohon izin, beberapa tulisannya untuk dimuat di Majalah Cakra (cermin Peradaban) Bandung.

  189. jd ikut sedih…ku jd bingung mna kawan dan lawan..mna orang yg baek dan mna yg tidak…jd makin bias aj…

  190. The life stories of the writer are inspired me enough.I’m so proud of the stronger of the writer. She struggles hard to find justice in this country,to get happiness in her own life, especially for her family . Many efforts done to release her parents from the misery. She did positive activities to prove that her mother is not fault.She also so cares with other relatives such as her sisters.
    I expect that the justice will come to her mother immediately.May his mother is not exactly fault in this case,Money Corruption.May the writer can get the good solution of the serious problem has been being had by her. Finally,As the Responser, I just Respect to the Clean n Good Government,Right Judicial;can differ clearly what’s the wrong and Right one.

  191. dont worry…Allah ngg tidur…yang benar pasti ada jalan keluarnya…percayalah..keep stroonger..ok
    everything gonna be alraight…with the great expectation…:)

  192. produk hukum di Indonesia memang sepertinya hanya mengenal satu kata…just du it…semoga anda tetap tegar menjalani semuanya..dan semoga ibu anda terbebas dari semua tuduhan

  193. anggap itu semua cobaan,walaupun berat terasa…hadapi dngan senyuman…hidup emang kejam…tp lalui lah dgn rasa bersyukur…
    :)

    Uang,politik,hukum dan kekuasaan selalu jd topik utama di negara kita … Semua nya kotor…

  194. Saya memang sangat prihatin dengan keadaan hukum di indonesia yang berlaku seperti hukum “RIMBA”..Mereka yang kaya bisa melakukan “apa saja”, sedangkan kita orang yang hanya hidup pas-pasan hanya dipandang sebelah mata hukum..”Kapan akan datang pahlawan keadilan yang tak memandang harta,tahta dan jabatan” yang akan membuka mata hukum yang ada di indonesia..
    Apakah hukum di negara ini hanya berlaku bagi kita “RAKYAT KECIL” yang hanya di jadikan “KAMBING HITAM” Dan mereka yang kaya akan harta bisa bermain dengan hukum, berakhir dengan kebebasan ataupun hukuman yang ringan???? Huufffttt..(Aneh hukum di negara ini)??
    Semangat selalu buat ALANDA dan FAMILY rakyat indonesia selau mendukung kalian…Thanks..

  195. tradisinya, hukum di indonesia mungkin menganut hukum pohon bambu. Bhwa batang bambu yg lurus akan cepat dipotong. Sdangkan yg bengkok, dibiarkan tumbuh dg bengkok.
    Seorang yg jujur, siap2 dipangkas masa bahagianya. Yg pandai bermain sandiwara, panjang umurnya.

    Sabar ya alanda… Kami hnya bisa membantu doa, smoga ibu peroleh kembali hak-nya. Kami percaya, aliza dan keluarga terpilih jd orang2 yg kuat dan hebat.

    1. Om Ron thanx bwt artikel2nyaoh y Om saya peegnn cerita y setengahnya curhat sama sang pakar saat ini gw dah menjalin hubunga 1 thn lebih yg gw jalani saat ini adl hub. jarak jauh (LDR)..hub. kita c smpe skrng baik2 saja tapi kali ini ada seseorang yg muncul n tiba2 bilang sm cewe’ gw klo dia pngen nikah sm cewe’ gw dan pngen seriusan sm cew gw gila g’ om? emang c dia lebih mapan dr gw soal materi dia dah ad..n itu jd kekhawatiran trsndr bwt gw..sbnrx c cow tu br ktmu cew gw 2 kali..itu pun bkn ktmuan bwt jalan tp ktemu ktka cew gw interview pekerjaan n cow tu yg interview cew gw ju2r gw mulai merasakan kegelisahan krna gw ngrasa cow tu dah selangkah lbh maju dr gw..dari segi materi dia dh punya segalanya yg jlas dia lbh mapan dr gw..y gw jg dah pnya niat serius ma dia rencana setelah lebaran ni gw mw tunangan tp gw msh ad kekhawatiran Nah yg pngen gw tnyain gmn ni solusi bwt ngilangin rasa kekhawatiran gw n ngebuat cew gw tu g berpaling ma gw? Tolong Om..gw mnta solusinya

  196. alanda. for the 1st i would say sorry about mess that happened to your family.
    Saya sedikit banyak paham tentang masalah yang dialami ibu anda. saya ingin memberikan sedikit gambaran mengenai kasus tersebut dari segi hukum. Ibu anda di Bank Century adalah sebagai PEGAWAI bank tersebut, dan menurut asas hukum perikatan ada yang dinamakan TANGGUNG JAWAB SENTRAL, dimana segala kesalahan yang dilakukan oleh karyawan adalah merupakan tanggungjawab dari perusahaan. Jadi singkat kata dalam kasus Ibu anda yang telah melakukan kewajiban sesuai prosedur perusahaan dan pada akhirnya menjadi seperti sekarang ini adalah tanggung jawab dari perusahaan melalui dewan direksi nya. tidak ada sangkut pautnya dengan Ibu anda.
    Semoga membantu

    Regards,

  197. saya mendengar berita kamu di salah satu stasiun TV swasta yang meliput tentang kamu,ibumu dan keluargamu .
    dan dari saat itu juga ,walau saya tidak mengetahui permasalahan “BANK” tersebut tp saya juga yakin kalau ibu mu tidak bersalah .
    saya yakin, ALLAH selalu memberi jalan pada orang yang baik dan mau berusaha.
    ayo semangat ..
    saya yakin IBU-mu pasti bangga sekali memiliki anak sepertimu .
    diatas langit masih ada langit.
    dan saya yakin diatas permasalah yang kamu alami skrg , masih banyak permasalahan yang lebih berat daripadamu diluar sana .
    dan mungkin kamu tidak mengetahuinya .
    tetaplah bersyukur kamu sudah bisa memnahagiakan ibu mu ,tidak seperti saya yang sampai sekarang atau mungkin sampai kapanpun tidak bisa membahagiakan ibu saya .
    tp sampai titik darah penghabisan saya akan menembus dosa saya kepada ALLAH dan kepada IBU saya ..
    suatu hari nanti …

    saya berdo’a .
    semoga kamu ,ibu dan keluargamu kuat untuk semuanya ..
    semoga IBU-mu mendapatan keadilan yang seadil-adilnya .
    semoga para petinggi-petinggi ini sadar akan butuhnya pemakaian HATI NURANI dalam mengarungi kehidupan ini,bukan hanya memakai UANG !!!

    salam persahabatan alanda , SEMANGAT !!

  198. jujur we terharu baca kisah lu…. memang hukum di kita lebih memihak orang” berduit….dalam setiap doa yg we panjatin ma yg d atas,.,we doa in moga ibu bisa cepet” bebas..sabar yaaa bos,.,.,hukum tuhan pasti lebih adil,.,.,.

  199. dear Alanda…
    tetap berjuang ya untuk Ibu kamu. saya yakin ini adalah ujian untuk kamu dan keluarga kamu dari Allah dan Allah tidak akan menguji hamba-Nya jika Ia tidak yakin dengan kekuatan yang dimiliki hamba-Nya. percaya dan terus berdoa, yakinlah kekuatan doa itu sangat dahsyat.kelak, pasti ada hikmah dibalik semua ini.
    i keep my pray for your mother..

  200. ALLAH TIDAK PERNAH TIDUR.
    ALLAH TIDAK PERNAH MENGHUKUM HAMBA-NYA YANG TIDAK BERSALAH.

  201. itulai indonesia,yang katanya negri hukum, tapi gak bisa menegakkan hukum,

  202. Hukum berjalan tertatih-tatih di belakang fakta. Dan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu sepertinya hanya wacana. Semoga segala kebaikan segera dan selalu di berikan oleh Allah SWT pada keluarga anda.

  203. begitu miris hati saya melihat dan membayangkan kehidupan nona,sebagai mahasiswa sospol,saya selalu menonton berita,namun pagi itu saya melihat di chanel trans tentang kehidupan nona yang mencoba mencari keadilan hukum yg menimpa ibu nona,saya salut dgn perjuangan nona,ingat nona,setiap hukum pasti ada kelemahanya…apalagi hukum kita adalah bekas warisan hindia-belanda,mungkin dengan mempelajari kelemahan hukum di indonesia nona bisa mengajukan banding dan menemukan titik terang untuk membebaskan ibu nona,semoga berhasil..AMIN

  204. yang tabah ya….semuanya pasti ada jalan keluar yang terbaik, dan nurut saya ibu kamu tidak bersalah..beliau hanya dipermainkan oleh orang-orang atas saja…serahkan saja pada yang berwenang mengusut kasus ini hingga jelas duduk perkaranya. dan jangan patah arang..Indonesia tidak salah,karena bumi Indonesia hanyalah saksi bisu saja, dia tidak bisa berkata-kata, dia tidak bisa berbuat apa-apa, dia pasti menangis saat ini karena banyak ketidak adilan yang terjadi dan itu semua terbentang dihadapannya, yang salah adalah oknum-oknumnya, manusia-manusianya yang berhati busuk, jadi marilah ikut berjuang demi menegakkan keadilan melalui segala kemampuan kamu.

  205. tetap tabah dan semangat… saya mungkin 1 dari sekian banyak orang yang meyakini yang benar pastilah menang walau tidak di dunia….

  206. kagum…… hanya satu kata yang bisa saya ucapkan untuk seorang anak muda yang bernama alanda kariza… saya sampai penasaran mencari tahu siapakah anak muda ini.. sampai saya memfollow twitternya.. teruskan perjuanganmu de… berkarya adalah jalan untuk menebas kebobrokan.. salut

  207. Saya ikut prihatin membaca ini, sudah lama saya tahu Alanda menulis blog dan membuat tulisan ini tapi baru saat ini saya berani mencoba untuk membacanya. Bukan hal yang mudah untuk menghadapi ini, ini pasti berat sekali buat Alanda, sebagai anak perempuan terbesar di rumah dan usia masih muda, tapi percayalah bahwa Tuhan tidak akan memberi masalah atau cobaan melebihi kemampuan kita.

    Saya bantu doa selalu utk penyelesaian masalah ini, tetaplah belajar nak, tetap semangat ya, tetap membuat ayah ibu bangga pada dirimu dimanapun mereka berada saat ini, saya yakin ibu tetap berdoa untuk Alanda dan adik2 juga untuk ayah dan keluarga.

    Salam kenal dari saya selalu.

  208. really…you’ve had great story in your life. Tidak ada jalan lain setelah jatuh selain naik. Best wishes for you:) I envy you and I am crying.. :)

  209. tetap semangat yaa alanda.
    saya turut prihatin dengan keadaan mu .
    sudahlah,kalo namanya hukum di indonesia bukan yang benar di bela.
    tetapi yang banyak uang dialah yang menang.
    kita doakan saja spy indonesia bangkit dari keterpurukannya.

    yang penting buat kamu, tetap berkarya dan tetap berprestasi.
    Semangat yaah..!

  210. itulah indonesia,yg dinamakan supremasi hukum,tdk akan pernah terwujud dengan tabiat dan sifat-sifat mafia peradilan yg sprt itu,pledoi ataupun sebuah perjuangan keras kadang tdk ada pengaruh apa-apa,semoga saja semuanya berjalan lancar,century adlh permainan politik,”mereka” lebih butuh duit drpd kita,anggap sj mereka ini miskin segalanya

  211. salam, memang tidak nyaman ketika kita begitu ingin membahagiakan Ibu dan kita tidak mampu melakukannya, saya merasakan betapa tidak enaknya itu..

  212. Halo, saya Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (saintloans@hotmail.com)

  213. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau apakah Anda pernah ditolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You berada di tempat untuk
    solusi pinjaman Anda. Saya seorang pemberi pinjaman pinjaman, saya memberikan pinjaman untuk
    perusahaan dan individu di tingkat suku bunga rendah dan terjangkau
    1,5%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email {}flooresloaningcoperate@gmail.com.
    terima kasih,
    Mrs floores.

  214. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak?
    Butuh pinjaman bisnis?
    Membutuhkan pinjaman untuk investasi Anda?
    Membutuhkan pinjaman untuk membiayai masalah Anda?
    Butuh pinjaman pribadi?
    Membutuhkan pinjaman bisnis dan industri pinjaman?
    Email kami dengan ini formulir permohonan pinjaman di bawah
    Hubungi kami melalui: fredrickrichardcompany@gmail.com

    Data Pribadi

    nama:
    Tanggal lahir:
    No Telepon:
    Nama Jalan:
    Kabupaten / Kota:
    County Nama:
    Pendapatan Bulanan:
    seks:
    Judul Pekerjaan:
    Tujuan Pinjaman:
    Jumlah Pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Berikutnya Of Kin:

    Hormat kami,
    Mr. Fredrick

  215. Saya telah mengunjungi banyak perusahaan pinjaman dan website dan saya melihat begitu banyak orang yang meminta bantuan keuangan untuk tujuan yang berbeda. Saya memiliki pengalaman seperti di masa lalu, beberapa pemberi pinjaman tidak mengirim saya pinjaman sementara beberapa kreditur menolak untuk menyetujui pinjaman saya sampai tanggal karena saya tidak punya agunan atau aku punya kredit buruk

    Saya menyarankan mereka yang mencari pemberi pinjaman dipercaya untuk menghubungi ummahloanfinance @ yahoo. com. Mereka membantu saya secara finansial. Juga, jangan ragu untuk menghubungi saya di shakirathussain @ gmail. com jika Anda ingin tahu bagaimana aku pinjaman saya untuk memulai bisnis

  216. Saya menyarankan mereka yang mencari pemberi pinjaman dipercaya untuk menghubungi ummahloanfinance @ yahoo. com. Mereka membantu saya secara finansial. Juga, jangan ragu untuk menghubungi saya di shakirathussain @ gmail. com jika Anda ingin tahu bagaimana aku pinjaman saya untuk memulai bisnis

  217. Lelang! Lelang !! Lelang !!!
    Saya Mrs Meg Whitman (CEO) dari Hewlett Packard (HP) menginformasikan seluruh masyarakat dari lelang berkelanjutan laptop HP baru dari berbagai jenis. Inovasi ini adalah untuk membuat orang biasa memiliki laptop dari / nya sendiri dan untuk memberantas kemiskinan. Kami melelang mereka dengan harga termurah yang terbaik dan itu akan dikirimkan kepada Anda di depan pintu Anda langkah. Dengan motif ini, Anda juga bisa menjadi Hewlett Packard (HP) agen setiap berada di dunia. Hubungi kami hari ini untuk memesan sebanyak yang Anda inginkan. Setiap personil yang tertarik harus menghubungi perusahaan melalui email di: hewlettpackardhpcompany@gmail.com. Pesan ini dari Hewlett Packard (HP) perusahaan USA

  218. Halo, aku Mrs. Iman, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: faithchristianloan@gmail.com

  219. Assalam Alaikum,

    Kami bersedia untuk menyediakan pembiayaan untuk proyek Anda dan membantu Anda keluar dari utang Anda. Kami sedang mencari cara untuk memperluas dan mendiversifikasi kepentingan bisnis kami dalam proyek-proyek yang layak, proposal bisnis dan dalam proses membantu individu atau perusahaan yang membutuhkan pinjaman atau pembiayaan. Bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, ingatlah bahwa Tuhan menciptakan dan mengasihi kita semua, sehingga tidak ada yang didiskriminasi atau kiri keluar.

    Menyediakan kami dengan proposal rinci Anda jika Anda membutuhkan pembiayaan atau kredit di email kami: – ummahloanfinance @ yahoo. com

    Insya Allah, kami akan memberikan bantuan sebanyak Tuhan telah mengirim kami untuk melakukan. Aameen!
     
    Hormat kami,
    Nasir Fahd Ali,
    Wakil Ketua,
    Umat ??Pembiayaan Kredit & Development Corporation

  220. Gold Star Pinjaman Perusahaan ..
    Kami diberi yang terbaik pemberi pinjaman pinjaman online pada tahun 2013 dan 2014.
    mendapatkan pinjaman ringkas hari ini di tingkat bunga hanya 2% Hanya.
    Di sini, di perusahaan kami, kami memberikan pinjaman pribadi, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Kredit Mobil dan banyak lainnya.
    Email: goldstarmortgagefinancialgroup@gmail.com

  221. Baik Hari Semua orang,
    Saya Nolan Osman, aku baru di sini tapi saya ingin berbagi kesaksian saya kepada semua orang yang telah mencoba segala sesuatu yang mungkin dan telah kehilangan harapan tentang bagaimana untuk meminjam uang dari Bank atau mencari pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda dan telah kehilangan harapan.
    Anda harus mengabaikan semua pemberi pinjaman kredit ini, karena mereka semua penipuan … nyata penipuan … saya adalah seorang korban yang saya robek ribuan dolar …
    Tapi hidup saya sepenuhnya berubah sejak aku bertemu Mortgage Kapital posting Kredit secara kebetulan di internet! dan bagaimana mereka memberikan pinjaman baik secara online dan saya memutuskan untuk meminta pinjaman sesegera mungkin. Saya pikir itu adalah penipuan seperti pasca tapi aku punya membalas dan mereka menyetujui pinjaman saya untuk hanya 3% dalam waktu 24 jam setelah bertemu dengan kebutuhan yang diperlukan mereka, dan pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan.

    Saya menyarankan orang-orang yang mencari pinjaman yang dapat diandalkan untuk menghubungi mortgagekapitalcredit @ gmail.com. Benar-benar saya mempercayai mereka dan jangan ragu untuk menghubungi saya di nolan.osman @ yahoo.com jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang mereka.

    Nolan Osman dikirim dari ipad saya

  222. Salam untuk semua orang di luar sana,

    Saya membawa kabar baik ke depan pintu Anda Nama saya MR BERRY MORGALIAN, Saya seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi, saya menawarkan pinjaman pribadi dan bisnis dengan suku bunga minimum tahunan serendah 3% dalam waktu 1 tahun sampai 28 tahun dari periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan saya memberikan pinjaman dalam kisaran $ 1.000 hingga $ 3,000,000.00 pinjaman USD.Our baik diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, orang-orang yang tertarik harus menghubungi kami hari ini di via Email (berry_morganlian@outlook.com) untuk informasi lebih lanjut tentang transaksi ini, .

    salam
    MR BERRY MORGALIAN

  223. * Adakah anda memerlukan pinjaman segera?
    * Bayaran balik Mothly bermula dalam tempoh 8 bulan selepas anda telah mengumpul pinjaman dalam akaun bank anda.
    * Kadar faedah yang rendah 2%
    * Pembayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) tempoh.
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan.
    * Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan yang awal kurang daripada 24 jam, dan ***.
    *** Pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kami perlukan.
    dari awak
     
    Hubungi kami sekarang
    E-mel: trustloan87@gmail.com
     
    Sir Anthony Dave.
    Ketua Pengarah

  224. pelanggan terhormat yang terhormat,

    Perusahaan saya bersedia untuk memberikan segala jenis pinjaman pilihan Anda asalkan Anda dapat membayar kembali pulang. suku bunga pinjaman kami adalah fleksibel karena kami memberikan dana pinjaman kami pada tingkat bunga 2%. Kami adalah pemberi pinjaman yang handal dan kami menjamin Anda bahwa jika Anda mengikuti langkah kami demi langkah prosedur Anda akan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dan ditransfer ke Anda. Silahkan mengisi formulir aplikasi untuk memungkinkan kita menyelesaikan transaksi ini.
    Di bawah ini adalah formulir permohonan kredit kami, hati-hati mengisi informasi Anda sehingga memungkinkan kita lanjutkan dengan pengolahan dana pinjaman.

    FORMULIR PINJAMAN PELANGGAN

    PEMOHON NAMA: -…………………………………..

    ALAMAT TEMPAT TINGGAL:-………………………………..

    KOTA:-……………………………………….. ……

    NEGARA:-……………………………………….. …..

    KEBANGSAAN:-……………………………………….

    ZIP / POS CODE: -……………………………………

    TELEPON:-……………………………………….. .

    TANGGAL:-……………………………………….. ……

    JUMLAH PINJAMAN DIBUTUHKAN: -………………………………

    PINJAMAN JANGKA WAKTU: -……………………………………..

    TUJUAN PINJAMAN: -……………………………………

    PENDUDUKAN:-………………………………………..

    STATUS PERNIKAHAN:-…………………………………….

    JUMLAH PENDAPATAN:-……………………………………..

    JUDUL PEKERJAAN:-………………………………………. ..

    aplikasi pinjaman Anda akan disetujui segera setelah saya selesai dengan semua langkah yang diperlukan yang terlibat.
    Salam,
    Ibu Evelyn Harrison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *