Belajar dari #KetikaMenulis Setiap Kamis

JK-rowling
Standard

JK-rowling

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, sejak memutuskan untuk bekerja penuh-waktu di sebuah perusahaan swasta setahun yang lalu, saya cukup kelimpungan mencari waktu, energi, dan cara untuk bisa menulis secara rutin. Saya melakukan banyak “percobaan”: mulai dari menulis sebelum berangkat ngantor, sepulang dari kantor, di jam makan siang, sampai membeli sebuah gadget yang mungkin bisa membantu saya menulis dalam perjalanan di dalam bus yang kerap saya tumpangi pulang.

Mungkin ada banyak orang yang mengalami permasalahan yang sama. Menghabiskan waktu untuk mencaritahu: Kapan sebaiknya saya menulis? Di mana tempat yang inspiratif untuk menulis? Alat-alat apa saja yang bisa saya gunakan untuk menulis? Tentunya, jawaban kita semua bisa jadi berbeda. Tapi, apa salahnya mencari inspirasi lebih dari pengalaman orang lain?

Saya sering menghabiskan waktu dengan berselancar di Internet, membaca artikel untuk mencaritahu proses kreatif seorang penulis, jurnalis, atau seniman. Sebab, proses kreatif setiap orang sudah tentu berbeda. Oleh karenanya, proses kreatif orang lain, bagi saya, selalu menarik untuk dipelajari.

Terinspirasi dari kolom How I Work di situs Lifehacker dan kolom How I Write di DailyBeast (dua kolom yang rutin saya baca di Internet), saya tertarik untuk mewawancarai sejumlah penulis yang saya kagumi. Dengan harapan, mereka berkenan untuk membagi “rahasia” menulis yang mereka punya dengan menceritakan proses kreatif yang mereka lalui setiap hari. Apa yang mereka lakukan, di mana mereka melakukannya, apa saja tantangan yang mereka hadapi #KetikaMenulis.

Bagi J. K. Rowling, misalnya, #KetikaMenulis berarti menulis di sebuah notebook, pada kunjungannya ke sebuah kafe. Namun, apakah setiap penulis harus menulis di kafe untuk bisa menjadi seproduktif J. K. Rowling? Sepertinya tidak.

Temukan berbagai pengalaman #KetikaMenulis para penulis Indonesia, yang akan saya bagi di blog ini setiap hari Kamis. Rencananya, penulis yang ceritanya akan saya muat di kolom #KetikaMenulis minggu ini adalah seorang novelis Indonesia yang akan menerbitkan sebuah buku baru (yang sudah ditunggu begitu banyak khalayak ramai!) pada tanggal 17 Oktober mendatang. ;)

4 thoughts on “Belajar dari #KetikaMenulis Setiap Kamis

  1. Dear alanda walaupun saya termasuk orang yang baru berkenalan dengan blog ini
    namun, saya menjadikan blog ini salah satu insprasi saya :)

  2. Salam kenal, Kak.
    Saya sangat tertarik dengan tagline #KetikaMenulis karena saya sangat ingin belajar bagaimana menjadi penulis yang baik dan bertanggung jawab.
    Terima kasih atas ide cemerlangnya. Ditunggu setiap hari Kamisnya :)

  3. Hai Kak Alanda Kariza…. Tolonng bantu wawancarai:
    1. bernard batubara
    2. alit susanto
    3. christian simamora
    4. windy ariestanty dan
    5. eka kurniawan

    Maaf kalo daftar saya terlalu banyak, terus menginspirasi ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *